HUT Kemerdekaan RI

Jokowi Puji MK yang Mampu Selesaikan Sengketa Pilpres

Menurut mantan Wali Kota Solo itu, MK telah menghadirkan proses peradilan yang terbuka dan berpegang teguh pada independensi.

Jokowi Puji MK yang Mampu Selesaikan Sengketa Pilpres
Tribunnews.com/Theresia Felisiani
Presiden Jokowi pidato di sidang tahunan MPR RI. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dalam memberikan pidato kenegaraan di sidang tahunan MPR 2019, Presiden Jokowi memuji kinerja Mahkamah Konstitusi (MK) yang telah menyelesaikan sengketa Pilpres 2019 dan Pilkada 2018.

Menurut mantan Wali Kota Solo itu, MK telah menghadirkan proses peradilan yang terbuka dan berpegang teguh pada independensi.

"MK yang telah menyelesaikan sengketa perselisihan hasil Pilkada 2018, Pemilu Legislatif, dan Pemilu Presiden 2019, dalam koridor konstitusi secara damai, adil, dan bermartabat," ungkap Jokowi, Jumat (16/8/2019) di Ruang Sidang Paripurna 1, Komplek Parlemen Senayan.

Sebagai penjaga konstitusi, mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan MK telah menguji 85 perkara dan memutus 52 perkara pengujian UU dalam kurun waktu satu tahun.

"Putusan-putusan MK tersebut turut mendukung upaya pemerintah dalam reformasi sistem perundang-undangan dan penataan proses legislasi," ungkapnya.

Baca: Presiden Jokowi Apresiasi Kinerja MA pada Pidato di Sidang Tahunan MPR RI 2019

Baca: 15 Poin Pidato Presiden Joko Widodo Dalam Sidang Tahunan MPR RI 2019

Jokowi menambahkan MK telah memberikan kontribusi pada penguatan demokrasi konstitusional.

Diketahui MK menolak seluruh gugatan sengketa Pilpres yang diajukan Prabowo Subianto - Sandiaga Uno.

Putusan MK ini menjadikan Jokowi-Ma'ruf sebagai Presiden dan Wapres terpilih 2019-2024 yang bakal dilantik Bulan Oktober nanti.

Sebut tamu yang hadir

Sebelum membacakan pidato, mantan gubernur DKI Jakarta itu mengawali menyebutkan nama para mantan kepala negara di Indonesia yang turut hadir di sidang tahunan tersebut.

Halaman
1234
Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved