Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Sejarah hingga Visi Misi

Universitas Sebelas Maret (UNS) resmi berdiri sebagai Perguruan Tinggi Negeri di Solo, Surakarta, Jawa Tengah pada 11 Maret 1976.

Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Sejarah hingga Visi Misi
TRIBUNSOLO.COM/IMAM SAPUTRO
Rumah Sakit Universitas Sebelas Maret (RS UNS) di Pabelan, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jateng. 

TRIBUNNEWSWIKI.COM - Universitas Sebelas Maret (UNS) resmi berdiri sebagai Perguruan Tinggi Negeri di Solo, Surakarta, Jawa Tengah pada 11 Maret 1976.

Cikal bakal UNS telah direncanakan sejak tahun 1953 dimana Solo berkeinginan memiliki universitas negeri yang sudah dimiliki oleh beberapa kota lain di Indonesia.

Panitia pendirian universitas kemudian dibentuk, diketuai oleh Wali Kota Solo, Mohammad Saleh.

Director Corporate Human Resource Kompas Gramedia, Sigit Suryanto dengan Kepala Kantor Humas dan Kerjasama Universitas Sebelas Maret Solo, Tundjung Wahadi melakukan penandatanganan Memorendum of Understanding (MoU) kerjasama di Gedung Rektorat UNS, Senin (22/12/2014). (Tribun Jateng/Suharno)
Director Corporate Human Resource Kompas Gramedia, Sigit Suryanto dengan Kepala Kantor Humas dan Kerjasama Universitas Sebelas Maret Solo, Tundjung Wahadi melakukan penandatanganan Memorendum of Understanding (MoU) kerjasama di Gedung Rektorat UNS, Senin (22/12/2014). (Tribun Jateng/Suharno) (Tribun Jateng /Suharno)

Namun karena tidak adanya sumber keuangan baik dari pemerintah daerah dan pusat, dan banyak hal lainnya pembangunan tidak dapat terlaksana.

Pada 1963 muncul Universitas Kota Praja Surakarta (UPKS) yang diinisiasi oleh pemerintah daerah, dan dipimpin oleh Utomo Ramelan.

Namun ketika peristiwa G30S UPKS dibubarkan karena terpapar paham sosialisme.

Pada 11 Maret pukul 10.00 pagi, dengan dibacanya Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 1982 Universitas Sebelas Maret (UNS) resmi berdiri sebagai Perguruan Tinggi Negeri di Solo.

Halaman selengkapnya >>>

Editor: Melia Istighfaroh
Sumber: TribunnewsWiki
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved