Rusuh di Papua

DPR akan Dorong Penegak Hukum Usut Pemicu Kerusuhan Papua

DPR akan mendorong aparat penegak hukum mengusut dugaan perlakuan rasial oleh oknum aparat keamanan kepada mahasiswa Papua

DPR akan Dorong Penegak Hukum Usut Pemicu Kerusuhan Papua
Tribunnews.com/Chaerul Umam
Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengatakan meskipun penanggulangan rusuh di Papua merupakan ranah eksekutif, pihaknya akan mendorong penyelesaian peristiwa tersebut secara komprehensif.

DPR akan mendorong aparat penegak hukum mengusut dugaan perlakuan rasial oleh oknum aparat keamanan kepada mahasiswa Papua, seperti yang dituntut oleh para legislator asal Papua.

"Tadi juga ada masukan dari rekan rekan anggota DPR dari Dapil Papua dan Papua barat ya, untuk nanti masukan itu akan kita teruskan pada pihak terkait, pada institusi kepolisian untuk segera mengusut pihak-pihak yang dianggap bisa memicu atau memprovokasi keadaan, sehingga ada reaksi yang cukup besar di manokwari maupun di Jayapura dan juga di Sorong," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (20/8/2019).

Pihaknya juga, kata Fadli, akan melakukan rapat Otsus dengan legislator dari Papua untuk mendengarkan masukan dari anggota DPR daerah Pemilihan Papua untuk disampaikan ke pemerintah.

"Intinya kita berharap, diselesaikan dengan cepat dan tuntas," tuturnya.

Menurut Fadli pendekatan hukum merupakan cara yang baik untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

Dengan pendekatan hukum diharapkan ada keadilan yang ditegakkan.

"Saya kira penegakan hukum adalah salah satu cara yang baik untuk menyelesaikan masalah sehingga ada keadilan. Tapi kita berharap ada ketenangan karena isu-isu yang menyangkut masalah etnis, suku,agama ini sangat sensitif ya. saya kira akan mempertaruhkan integritas wilayah kita, integritas sosial kita," pungkasnya.

Kerusuhan pecah di Manokwari, Papua Barat, Senin (19/8/2019). Akibat kerusuhan tersebut, sejumlah jalanan ditutup warga Papua.

Pertokoan dan bank pemerintah juga tak beroperasi hari ini.

Halaman
12
Penulis: Taufik Ismail
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved