JK: Bentuk Asli Masjid Istiqlal Tetap Dijaga, Ini Warisan

JK menyatakan kesan baiknya dan memastikan revitalisasi tidak akan mengubah bentuk asli masjid terbesar di Asia Tenggara ini.

JK: Bentuk Asli Masjid Istiqlal Tetap Dijaga, Ini Warisan
Rina Ayu/Tribunnews.com
Wakil Presiden RI Jusuf Kalla mengunjungi Masjid Istiqlal yang sedang mempercantik diri, pada Kamis (22/8/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Wakil Presiden RI Jusuf Kalla mengunjungi Masjid Istiqlal yang sedang mempercantik diri, pada Kamis (22/8/2019).

Bersama rombongan, JK melihat seputaran masjid warisan presiden pertama RI Soekarno itu, mulai dari maket revitalisasi, ruang salat, hingga pelataran masjid.

JK menyatakan kesan baiknya dan memastikan revitalisasi tidak akan mengubah bentuk asli masjid terbesar di Asia Tenggara ini.

"Ya bagus, ini kan hanya memoles bukan membangun. Tidak boleh dirobohkan karena bangunan cagar budaya," ujar dia, di halaman Masjid Istiqlal, Juanda, Jakarta Pusat, Kamis (22/8/2019).

Baca: Kapolri-Panglima TNI-Menkopolhukam ke Papua Sampaikan Pesan Jokowi

Setelah mendengar langsung, pernyataan dari pihak kontraktor dan Kementerian PUPR, revitalisasi ini akan membuat masjid kian indah tanpa sama sekali merubah rangka aslinya, seperti mengganti karpet masjid, mempercantik mihrab, memoles marmer, serta memperluas ruang parkir.

"Kita tidak bermaksud apa warisan daripada bung karno dirubah enggak. Hanya istilahnya mengkinclongkan. Artinya mempercantik, memperindah dan lebih efektif," ungkap JK.

Baca: Aura Kasih Geram Merasa Dilecehkan Sebagai Pejuang ASI, Yan Widjaya Minta Maaf 2 Kali

Kunjungan JK hari ini juga diikuti oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin,

Diketahui, Kementerian PUPR menargetkan penyelesaian revitalisasi akan rampung sebelum bulan puasa tahun 2020.

Adapun kucuran dana yang dikeluarkan oleh Kementerian PUPR sekitar Rp 465,3 miliar untuk mempercantik masjid yang terakhir kalinya diperbaiki 41 tahun silam ini.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved