BKKBN Kunjungi Kampung KB Rawa Buaya dalam Semarak HUT RI ke-74

BKKBN melakukan kegiatan Kunjungan Kampung KB Rawa Buaya dalam rangka menyemarakkan HUT Kemerdekaan

BKKBN Kunjungi Kampung KB Rawa Buaya dalam Semarak HUT RI ke-74
Reynas Abdila
Sekretaris Utama BKKBN Nofrijal (kiri) dan Walikota Jakarta Barat, Rustam Effendi (tengah) di RPTRA Rawabuaya, Jakarta Barat, Jumat (30/8/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) melakukan kegiatan Kunjungan Kampung KB Rawa Buaya dalam rangka menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI ke-74, di RPTRA Rawabuaya, Jakarta Barat, Jumat (30/8/2019).

Sekretaris Utama BKKBN Nofrijal mengatakan kunjungan ke Kampung KB Rawa Buaya sebagai upaya membangun lebih banyak lagi Kampung KB di seluruh Indonesia setelah pertama kali dicanangkan pada 2016 oleh Presiden Joko Widodo.

Baca: RUPSLB PGN Ganti 3 Direktur dan Angkat 1 Komisaris Independen

"Kampung KB di Provinsi DKI Jakarta sudah didukung dengan CSR khususnya yang terintegrasi dengan Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) dan tentunya dukungan dana APBD yang memadai dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta serta dukungan partisipasi masyarakat yang tinggi saya yakin program kampung KB akan terjaga keberlanjutannya, bisa menjadi rujukan daerah lain," ungkap Nofrijal dalam sambutannya.

Wali Kota Jakarta Barat, Rustam Effendi yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menuturkan terimakasih atas kehadiran BKKBN sehingga mampu memotivasi masyarakat untuk mengembangkan program KB di Rawa Buaya.

Rustam menyebut Kampung KB di sini telah digagas masyarakat Rawa buaya sendiri berkat upaya dari kader, RW, RT dan kelurahan.

"Kami bersyukur di Jakarta penduduknya besar apalagi kalau penduduknya berkualitas, banyak penduduk sudah menjadi kenyataan, maka harus diimbangi kualitas, maka itu kita kembangkan melalui program KB, karena program ini mengembangkan program dari saat bayi dalam kandungan, balita, remaja hingga lansia," tambahnya.

Di Provinsi DKI Jakarta saat ini terdapat 146 kampung KB dengan 134 kampung KB terintegrasi dengan Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA).

Di Kelurahan Rawa buaya menurut data terdapat jumlah Pasangan Usia Subur (PUS) sebanyak 18654 orang, Wanita Usia Subur (WUS) 2584 orang dengan Balita 2197 anak.

Kemudian terdapat 2 layanan Bina Keluarga Balita (BKB) dan 1 BKB PAUD, 2 Bina Keluarga Remaja (BKR), 4 Bina Keluarga Lansia (BKL), 16 Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS).

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved