Aplikasi Media Sosial Permudah Produk Wayang Golek Dikenal di Luar Negeri

Wayang golek yang dibalut batik nusantara telah diekspor seperti ke Inggris, Belgia, Prancis, Singapura, Thailand, Australia, Jepang dan Amerika

Aplikasi Media Sosial Permudah Produk Wayang Golek Dikenal di Luar Negeri
istimewa
Wayang Golek yang dibalut dengan batik Nusantara karya Benny Andrianto sudah diekspor ke luar negeri. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wayang Golek Nusantara kreasi dari Benny Adrianto telah dieskpor ke manca negara.

Wayang golek yang dibalut batik nusantara telah diekspor seperti ke Inggris, Belgia, Prancis, Singapura, Thailand, Australia, Jepang dan Amerika.

Benny menuturkan, perkembangan zaman ke era digital sangat memudahkannya dalam memperkenalkan Golek Nusantara ke manca negara.

"Penggunaan aplikasi media sosial seperti Instagram dan Facebook memudahkan penjualan ke mancanegara. Juga berfungsi untuk memamerkan produk, terutama," ujar Benny di Jakarta, Kamis (5/9/2019).

Benny mengaku memulai berkarya Golek Nusantara ini sejak tahun 1998.

Baca: Wayang Golek Giri Harja Tutup Pesta Rakyat Cibaliung 2019 dengan Penuh Kesan

Saat itu, lanjut Benny, Sri Hartati Fauzi Bowo meminta sarannya untuk souvenir bagi tamu yang datang ke Jakarta.

"Awalnya Bu Tati Fauzi Bowo minta saran bentuk souvenir yang bagus untuk tamu asing yang datang ke Jakarta. Saat itu pak Fauzi Bowo masih jadi Kepala Dinas Pariwisata DKI. Setelah berpikir akhirnya jadilah ide Wayang Golek Nusantara ini. Ternyata dia suka dan akhirnya bisnis ini yang saya tekuni sampai sekarang," jelas dia.

Golek Nusantara, lanjut dia, sudah banyak berinovasi dari awal hingga kini. Dari bentuk wayangnya hingga busana yang melekat di wayang tersebut.

"Awalnya saya 'main' di batik, jadi wayangnya dominasi batik. Tapi sekarang busananya ada yang tenun, songket, lurik. Banyak juga yang pesan wayang golek dengan busana ciri khas daerah lain atau negara si pemesan. Untuk wayangnya saya sudah bekerja sama dengan pengrajin dari daerah Subang, Bandung, Yogyakarta hingga Purwakarta," tutur dia.

Baca: Media asal Inggris Sebut Timnas Indonesia Ibarat Raksasa Asia yang Tertidur

Untuk merangkul pasar milenial, kata Benny, dirinya sedang mencoba material golek dari bahan porselen, bukan dari kayu lagi. Bentuknya juga menyerupai action figure.

Golek Nusantara akan turut serta dalam event Indonesia Interior & Craft Exhibition 2019 akan digelar di Hall A Jakarta Convention yang mengusung tema Kriya Indonesia Dalam Ekonomi Digital.

Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved