Menkeu Minta BPJS Kesehatan Perbaiki Sistem Rujukan dan Klaim

Menteri Keuangan Sri Mulyani meminta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menuntaskan masalah kepesertaan

Menkeu Minta BPJS Kesehatan Perbaiki Sistem Rujukan dan Klaim
Tribunnews/JEPRIMA
Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani melakukan rapat kerja bersama Komisi XI DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (21/8/2019). Pada rapat kerja bersama Komisi XI DPR RI tersebut Sri Mulyani membahas mengenai pengesahan DIM RUU Bea Materai dan BPJS Kesehatan. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani meminta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menuntaskan masalah kepesertaan melalui surat eligibilitas berdasarkan kriteria.

“Eligibilitas harus sesuai dengan masing masing kategori. Itu sudah dilakukan oleh Kemenkes. Ada masalah klaim management, itu BPJS harus memperbaiki hubungan dengan lebih dari 2.500 rumah sakit dan 23.000 Puskesmas, mereka harus memperbaiki sistem rujukannya dan klaimnya,” papar Sri Mulyani di Jakarta, Jumat (6/9/2019).

Menkeu pun meminta setiap saat audit oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), supaya betul-betul anggaran yang dikeluarkan meng-cover akses kebutuhan kesehatan masyarakat miskin atau kelompok yang kurang mampu.

“Untuk masyarakat umum yang mampu mereka harus menjaga kesehatan dan juga iuran,” paparnya.

Menkeu berharap keseluruhan perbaikan ini sudah memiliki yang namanya action plan dari keseluruhan Kementerian/Lembaga.

“Ada Kementerian Sosial mengenai data, ada masalah Kemendagri yang berhubungan dengan dana kapitasi, ada Kemenkes mengenai rumah sakit dan masalah policy mengenai benefitnya.”

“Karena kalau semua benefitnya tak terhingga ya pasti enggak akan cukup. Di seluruh dunia enggak ada sistem jaminan kesehatan yang seperti itu,” tuturnya.

Ikut Urunan

Menteri Keuangan Sri Mulyani menilai pemerintah tidak bisa sendirian untuk mencegah defsit BPJS Kesehatan.

Menurut dia, untuk masyarakat miskin, negara akan selalu hadir. Namun untuk yang mampu diharapkan bisa membantu mengatasi defisit tersebut.

Halaman
1234
Penulis: Reynas Abdila
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved