BJ Habibie Meninggal Dunia

Presiden Pimpin Proses Pemakaman BJ Habibie

jenazah BJ Habibie yang diangkat menggunakan peti dan diselimuti kain merah putih, tiba di lokasi pemakaman sekitar pukul 13.30 WIB.

Presiden Pimpin Proses Pemakaman BJ Habibie
Seno Tri Sulistiyono/Tribunnews.com
pemakaman Habibie 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) proses pemakaman Presiden ke-3 BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Pantauan dilokasi, jenazah BJ Habibie yang diangkat menggunakan peti dan diselimuti kain merah putih, tiba di lokasi pemakaman sekitar pukul 13.30 WIB.

Rangkaian upacara penghormatan terakhir kepada BJ Habibie dilakukan oleh pasukan Garnisun dan turut dibacakan riwayat hidup singkat BJ Habibie yang dikenal sebagai bapak teknologi. 

Setelah pembacaan riwayat singkat, Jokowi melakukan pembacaan apel persada. 

"Apel persada, saya Presiden Republik Indonesia, atas nama negara, bangsa, dan Tentara Nasional Indonesia, dengan ini mempersembahkan kepersada ibu pertiwi, jiwa raga dan jasa-jasa almarhum BJ Habibie," ujar Jokowi. 

Baca: Diiringi Lagu Gugur Bunga, Jenazah Eyang Habibie Dikebumikan Di TMP Kalibata

Jokowi menjelaskan, Habibie merupakan Presiden ke-3 yang telah meninggal dunia pada Rabu 11 September 2019 pukul 18.05 WIB di RSPAD Gatot Subroto karena sakit. 

"Semoga jalan darma bakti yang ditempuhnya dapat menjadi suri tauladan dan arwahnya mendapat tempat semestinya di alam baka," ujar Jokowi. 

Setelah itu, proses pemakaman dilanjutkan dengan penguburan jenazah BJ Habibie dan penaburan bunga oleh keluarga. 

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved