Kabut Asap

Tiga Instruksi Jokowi Kepada Jajarannya Terkait Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberika tiga instruksi kepada jajarannya dalam menghadapi kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Provinsi Riau.

Tiga Instruksi Jokowi Kepada Jajarannya Terkait Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan
Biro Pers Sekretariat Presiden/ Laily Rachev
Presiden Joko Widodo bertolak menuju Provinsi Riau dalam rangka berkoordinasi mengenai penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Senin (16/9/2019) sore. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberika tiga instruksi kepada jajarannya dalam menghadapi kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Provinsi Riau.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat menggelar rapat terbatas kebakaran hutan dan lahan di Pakanbaru, Senin (16/9/2019) malam.

"Saya hanya ingin mengingatkan semuanya, di rapat bulan Juli tanggal 15, saat itu di Istana saya ingatkan pencegahan Karhutla itu adalah mutlak harus dilakukan," ujar Jokowi.

"Karena kalau terjadi, sudah kejadian kebakaran, apalagi di lahan gambut, pengalaman bertahun-tahun kita sudah mengalaminya, sangat sulit menyelesaikan," sambung Jokowi.

Baca: Wolfgang Pikal: Nasib Olisa di Persebaya Ditentukan Malam Ini

Jokowi melihat, perangkat yang ada ditingkatan pemerintah daerah, TNI dan Polri belum diaktifkan secara baik dalam melakukan pencegahan karhutla.

"Saya sudah ingatkan berkali-kali, yang kita hadapi bukan hutan, tapi lahan gambut. Kalau sudah terbakar, habis berjuta liter pun pasti sulit dipadamkan," tutur Jokowi.

Sebab itu, Jokowi pun meminta pemerintah daerah turut membantu upaya pemerintah pusat dalam menyelesaikan karhutla dan melakukan pencegahan titik api muncul kembali.

Baca: Bos Yamaha Sebenarnya Berharap Valentino Rossi Raih Podium di MotoGP San Marino

"Riau status siaga darurat, luas lahan terbakar sudah mencapai puluhan ribu hektare. Jangan sampai ini mengganggu aktivitas penerbangan sehingga berimbas pada aktivitas ekonomi di Riau," papar Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga meminta aparat penegak hukum untuk bertindak tegas kepada perusahaan maupun perorangan yang terbukti melakukan pembakaran lahan.

Halaman
1234
Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved