Jokowi: Jangan Merasa Orang Indonesia di Jakarta Saja

Saya pernah terbang dari Aceh ke Wamena, itu 9 jam 15 menit. ‎Jadi jangan merasa orang Indonesia di Jakarta saja

Jokowi: Jangan Merasa Orang Indonesia di Jakarta Saja
Tribun Pekanbaru/Johanes Wowor Tanjung
Presiden Joko Widodo meninjau lokasi kebakaran hutan dan lahan di Riau, Selasa (17/9/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Jokowi mengatakan keberhasilan sebuah negara atau daerah sangat ditentukan oleh derajat penerimaan terhadap kemajemukan.

"Semakin sebuah masyarakat bisa menerima kemajemukan, maka akan semakin diminati, semakin dikunjungi dan akhirnya semakin mampu mendongkrak kesejahteraan di daerah atau negara itu," papar Jokowi, saat meresmikan pembukaan Forum Titik Temu : Kerja Sama Multikultural untuk Persatuan dan Keadilan, Rabu (18/9/2019) di Makara Ballroom, Hotel Double Tree Hotel, Cikini, Jakarta Pusat.

Lanjut Jokowi mengucap syukur karena Indonesia adalah negara majemuk yang sejak awal berdirinya sudah berbhineka tunggal ika, bersatu dalam perbedaan.

Dia bahkan menyinggung jangan merasa‎ orang Indonesia jika hanya di Jakarta saja. Mantan Wali Kota Solo ini menceritakan bagaimana ketika dirinya berkunjung ke daerah dan setiap provinsinya selalu berbeda.

Baca: Panggil Kembali Veronica Koman, Polda Jawa Timur Beri Tenggat Waktu Hingga Pukul 18.00 WIB

"Negara kita ini negara besar dengan perbedaan mencolok. Bahasa daerah tiap provinsi berbeda-beda. Saya pernah terbang dari Aceh ke Wamena, itu 9 jam 15 menit. ‎Jadi jangan merasa orang Indonesia di Jakarta saja," sindir Jokowi.

Jokowi menambahkan seharusnya sejalan dengan dewasanya usia bangsa ini, maka masyarakat juga harus dewasa dalam berbhineka tinggal ika.

"Seharusnya kita semakin terbuka terhadap perbedaan dalam mempercepat kemajuan bangsa kita, negara kita‎. Seharusnya kita juga semakin mampu mengelola perbedaan di internal bangsa kita sendiri," katanya.

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved