Rusuh di Papua

51 Warga Minang Pengungsi Wamena Dipulangkan Ke Kampung Halaman

51 warga Minang, Sumatera Barat yang meminta dipulangkan dari Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya tiba di Lanud Halim Perdanakusuma

51 Warga Minang Pengungsi Wamena Dipulangkan Ke Kampung Halaman
TribunJakarta.com/ Bima Putra
51 warga Minang, Sumatera Barat yang meminta dipulangkan dari Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya tiba di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (3/10/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - 51 warga Minang, Sumatera Barat yang meminta dipulangkan dari Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya tiba di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (3/10/2019).

Mereka meminta dipulangkan ke kampung halamannya karena khawatir keselamatannya terancam dan rumahnya terbakar akibat kerusuhan di Wamena.

Kadispen AU Marsekal Pertama Fajar Adriyanto mengatakan 51 warga asal Sumatera Barat itu dipulangkan menggunakan pesawat Hercules C-130.

"Membawa penumpang evakuasi dari kejadian di Wemena, semuanya dari Sumatera Barat. Tepat pukul 16.45 WIB mendarat, mereka kita istirahatkan dulu di sini (Lanud Halim Perdanakusuma)," kata Fajar di Jakarta Timur, Kamis (3/10/2019).

Baca: Viral Video Wanita Tergeletak Kena Tikam di Gorontalo, Akhirnya Tewas dan Tinggalkan Bayi Kembar

Satu hari usai kerusuhan Wamena pecah pada Senin (23/9/2019), warga asli, pendatang, hingga tenaga medis meminta dievakuasi ke wilayah yang lebih aman.

Hingga kini, Fajar menuturkan pesawat TNI AU sudah menempuh puluhan penerbangan dan berhasil mengevakuasi lebih dari 4.000 warga.

Baca: Link Live Streaming AZ Alkmaar Vs Manchester United: Siaran Langsung SCTV Malam Ini

Seorang warga Minang, Zulkifli menyebut mereka menyelamatkan diri ke Kodim 1702/Jayawijaya selamanya satu minggu lalu dievakuasi ke Sentani.

"Satu hari kemudian​ kami berangkat lagi ke Biak, lalu ke Ambon. Berlanjut hingga sekarang tiha di Halim," ujar Zulkifli.

Editor: Adi Suhendi
Sumber: TribunJakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved