Ketua MPR Bambang Soesatyo Prihatin Banyak Generasi Muda yang Tidak Lagi Mengenal Pancasila

tantangan bangsa Indonesia akan semakin berat ke depan dalam mempertahankan ideologi pancasila.

Ketua MPR Bambang Soesatyo Prihatin Banyak Generasi Muda yang Tidak Lagi Mengenal Pancasila
Tribunnews.com/Fransiskus
Ketua MPR Bambang Soesatyo atau Bamsoet 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua MPR RI periode 2019-2024, Bambang Soesatyo alias Bamsoet menyampaikan, tantangan bangsa Indonesia akan semakin berat ke depan dalam mempertahankan ideologi pancasila. Pasalnya, banyak generasi muda yang tidak lagi mengenal pancasila.

"Banyak generasi muda yang tidak lagi mengenal Pancasila. Bahkan ada di antara mereka yang lebih menyukai ideologi lain daripada Pancasila."

"Sehingga banyak ditemukan adanya tindakan intoleran serta sikap dan perilaku yang semakin jauh dari nilai-nilai Pancasila," kata Bamsoet dalam orasi pertamanya pada sidang paripurna pemilihan pimpinan MPR RI di Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Kamis (3/10/2019).

Kendati demikian, ia mengatakan, tekad dan semangat melaksanakan ideologi Pancasila tidak boleh pudar.

Karena itu, MPR ke depan diharapkan mampu menunjukkan eksistensinya dalam mengatasi persoalan-persoalan ideologis di tengah masyarakat.

Apalagi, tugas itu termaktub dalam revisi UU MD3, yakni memasyarakatkan empat pilar. Di antaranya, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika.

"Melihat perkembangan dunia global dan pesatnya teknologi informasi, MPR diharapkan menjadi lembaga terdepan memimpin penguatan Empat Pilar Indonesia secara luas," ungkapnya.

Oleh karena itu, ia mengharapkan, tugas yang cukup berat tersebut mendapatkan dukungan penuh dari seluruh anggota MPR, yang juga berperan sebagai agen empat pilar di daerah pemilihannya masing-masing.

Di sisi lain, ia juga meminta seluruh pihak tidak melupakan jasa Ketua MPR RI 2009-2014, Taufik Kiemas.

"Karena beliaulah yang memelopori sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan yang dilaksanakan sampai sekarang ini," pungkasnya.

Editor: Sugiyarto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved