Rusuh di Papua

Panglima TNI, Kapolri dan Empat Menteri Lainnya Akan Kunjungi Wamena Pekan Depan

Ia mengatakan kunjungan tersebut dilakukan untuk memastikan stabilitas keamanan dan pelayanan masyarakat lainnya berjalan

Panglima TNI, Kapolri dan Empat Menteri Lainnya Akan Kunjungi Wamena Pekan Depan
Tribunnews.com/Gita Irawan
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto usai menghadiri acara Peringatan HUT Ke-74 TNI di Halim Perdanakusuma Jakarta Timur pada Sabtu (5/10/2019) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan dirinya bersama Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Menkopolhukam Wiranto, Menteri Sosial Agus Gumiwang, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono akan mengunjungi Wamena, Papua pada Senin (7/10/2019) pekan depan.

Ia mengatakan kunjungan tersebut dilakukan untuk memastikan stabilitas keamanan dan pelayanan masyarakat lainnya berjalan.

Baca: Meski Perekonomian di Wamena Pulih, Tapi Harga 1 Ekor Ayam Rp 600 Ribu, Penyet Lele Rp 80 Ribu

Sejumlah pelayanan publik yang ia maksud antara lain ketersediaan listrik, kegiatan belajar mengajar, pelayanan kesehatan, juga dapur umum.

"Besok Senin 7 September 2019 Menkopolhukam, Panglima TNI, Kapolri, Mensos, Menkes, Kementerian BUMN dan PUPR akan langsung ke lapangan, ke Wamena," kata Hadi Tjahjanto usai menghadiri acara Peringatan HUT Ke-74 TNI di Halim Perdanakusuma Jakarta Timur pada Sabtu (5/10/2019).

Berdasarkan data yang diperolehnya, saat ini masih ada 3.500 pengungsi yang tersebar di kantor Koramil, Kodim, dan Polsek setempat.

Ia juga mengaku mendapat informasi bahwa para penduduk asli tidak menginginkan para pendatang yang menjadi pengungsi tersebut pulang ke daerahnya.

Para pendatang yang menjadi pengungsi tersebut pun menginginkan persoalan kerusuhan di Wamena segera selesai dan kehidupan di sana kembali berjalan normal.

"Dengan demikian bahwa banyak masyarakat Papua dan pendatang menginginkan bahwa permasalahan di Papua segera tuntas dan keamanan bisa dikembalikan seperti sedia kala," kata Hadi Tjahjanto.

Baca: Mengungsi dari Wamena, Warga NTB Mengaku Trauma dan Enggan Kembali demi Selamatkan Barang

Untuk itu, ia mengatakan TNI menggelar kekuatan di beberapa tempat di Papua termasuk di Jayapura dan Wamena dalam rangka mendukung Kepolisian RI yang bertugas di sana.

Halaman
1234
Penulis: Gita Irawan
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved