Puan Maharani Jamin DPR Kritisi Kebijakan Pemerintah

Puan memastikan, DPR akan tetap kritis, meskipun mayoritas pimpinan termasuk dirinya dan anggota DPR lain merupakan bagian dari partai koalisi pemerin

Puan Maharani Jamin DPR Kritisi Kebijakan Pemerintah
Chaerul Umam/Tribunnews.com
Ketua DPR RI Puan Maharani (kanan). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani menjamin akan tetap kritis, atas segala kebijakan pemerintah yang dianggap tidak pro kepada rakyat.

Puan memastikan, DPR akan tetap kritis, meskipun mayoritas pimpinan termasuk dirinya dan anggota DPR lain merupakan bagian dari partai koalisi pemerintah.

Kendati demikian, Puan menegaskan, legislatif dan eksekutif tetap akan terus bersinergi, melahirkan kebijakan bersama yang terbaik bagi bangsa dan negara, khususnya seluruh rakyat.

"Sinergi dengan pemerintah, juga akan kami lakukan agar kebijakan-kebijakan pemerintah yang pro rakyat bisa bermanfaat untuk rakyat. Jadi kritik, dinamika di DPR itu tentu saja akan tetap terbangun karena memang itu diperlukan dalam proses demokrasi. Sinergi itu menurut saya antara eksekutif dan legislatif harus dilakukan, sebanyak-banyaknya untuk kepentingan bangsa dan negara," kata Puan di Media Center Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (8/10/2019).

Baca: Susi Pudjiastuti Hingga Retno Marsudi Berpotensi Dipertahankan Jokowi

"Namun, bukan berarti kita bukan tukang stempel juga kalau kemudian yang dilakukan oleh eksekutif itu tidak sesuai, dengan kepentingan rakyat, tentu saja DPR yang diwakili oleh partai politik, boleh mengkritik itu kebijakan, karena kita kan tugasnya pengawasan," .

Lebih lanjut, ia mengatakan DPR sebagai lembaga legislatif, bertugas penuh mengawasi pemerintah atau eksekutif dalam setiap kebijakannya.

Menurutnya, DPR tak akan serta merta setuju atas setiap kebijakan yang diambil pemerintah, apabila tidak sesuai dengan kepentingan rakyat serta bangsa dan negara.

"Jadi kita harus mengawasi apa yang dilakukan pemerintah oleh eksekutif, sehingga pemerintah pun tidak melenceng dari arah yang akan dilakukan. Jadi saya tidak setuju, kalau kemudian apa saja yang akan dilakukan eksekutif kita setujui tanpa kita lihat dulu baik buruknya bagi bangsa dan negara, bagi rakyat khususnya," ujarnya.

Puan menambahkan, antara pemerintah dan DPR perlu lebih sering berkomunikasi dan bersinergi, agar segala kebijakan bisa diambil dengan cermat.

Baca: Bamsoet: Salah alamat Apabila Unjukrasa Protes UU KPK ke DPR

Kata Puan, DPR akan memberikan solusi terhadap seluruh kebijakan pemerintah, agar tidak bertentangan dengan kepentingan rakyat.

"Kami tentu saja berharap sinergi kedepan akan lebih baik, namun tentu saja diisi dengan hal-hal yang kritik yang bermanfaat dengan mencarikan solusinya masing-masing sehingga memang akan lebih bermanfaat untuk rakyat," pungkasnya.

Penulis: chaerul umam
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved