Fokus Lindungi Lingkungan, Kementerian LHK Launching BPDLH

Tanggung jawab untuk selalu menjaga dan melestarikan lingkungan memang harus diemban semua pihak, baik masyarakat maupun pemerintah.

Fokus Lindungi Lingkungan, Kementerian LHK Launching BPDLH
Fitri Wulandari/Tribunnews.com
Acara Launching Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH) atau LH Fund di Kompleks Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Rabu (9/10/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Isu terkait perlindungan dan pengelolaan terhadap lingkungan tentunya menjadi sorotan dunia, termasuk Indonesia.

Tanggung jawab untuk selalu menjaga dan melestarikan lingkungan memang harus diemban semua pihak, baik masyarakat maupun pemerintah.

Oleh karena itu, untuk mewujudkan tata kelola keuangan yang baik dalam menyoroti isu lingkungan ini, pemerintah pun telah membentuk Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH) atau LH Fund.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengatakan dalam acara Launching LH Fund yang digelar di Kompleks Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Rabu (9/10/2019), bahwa Badan Layanan Umum (BLU) itu dikelola oleh Kementerian Keuangan.

Sehingga nantinya anggaran yang dikeluarkan untuk pembiayaan terkait perlindungan dan pengelolaan lingkungan bisa dialokasikan secara efektif.

Baca: Pelantikan Presiden Sebentar Lagi, Inikah Nama-nama Calon Menteri Jokowi dari PKB?

"BPDLH (LH Fund) ini berada di bawah Kementerian Keuangan yang akan menjadi salah satu mekanisme pembiayaan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup yang dapat dimanfaatkan oleh berbagai pihak," ujar Siti, dalam sambutannya.

Ia pun memastikan bahwa LH Fund mampu menyempurnakan langkah dalam pengimplementasian kebijakan yang diterapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait isu lingkungan.

"Kehadiran LH Fund ini melengkapi upaya dan langkah dari kebijakan Presiden Jokowi yang menekankan bahwa perlindungan dan pembangunan lingkungan itu sangat penting," tegas Siti.

Siti menambahkan, isu lingkungan dan kehutanan sangat dekat dengan kehidupan Presiden Jokowi, "Beberapa kali disampaikan kepada saya bahwa kehutanan adalah profesi beliau dan lingkungan adalah keseharian yang menjadi atensi beliau,".

Concern pemerintah terkait isu lingkungan turut dibuktikan dalam keterlibatan terkait pembahasan isu perubahan iklim atau climate change dalam Paris Agreement Implementation.

Lebih lanjut Siti menekankan bahwa proses pembentukan LH Fund tersebut merupakan lanjutan dari layanan BLU Pusat P2H yang telah berlangsung sejak 2008 silam.

Dalam acara launching tersebut, hadir pula Menko Perekonomian Darmin Nasution dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Selain itu, hadir pula Duta Besar dari Norwegia yang mewakili negara-negara Eropa, serta perwakilan dari Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS).

Baik Siti, Sri maupun Darmin menutup rangkaian acara launching dengan melakukan tanam pohon di halaman Kompleks Kementerian Keuangan.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved