Pelantikan Jokowi dan Maruf Amin

Jelang Pelantikan Jokowi-Ma'ruf, Helikopter Terbang Keliling Gedung Parlemen

Wilayah udara masuk bagian pengamanan pelantikan Presiden Joko Widodo-Wakil Presiden Maruf Amin, pada Minggu (20/10/2019).

Jelang Pelantikan Jokowi-Ma'ruf, Helikopter Terbang Keliling Gedung Parlemen
Tribunnews.com/Fransiskus Adhiyuda
Tiga unit helikopter turut bersiap di acara pelantikan presiden dan wakil presiden periode 2019-2024 di Komplek Gedung Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wilayah udara masuk bagian pengamanan pelantikan Presiden Joko Widodo-Wakil Presiden Maruf Amin, pada Minggu (20/10/2019).

Berdasarkan pemantauan, sejumlah helikopter mengudara di langit gedung DPR/MPR RI, Jakarta Pusat dan wilayah di sekitarnya.

Helikopter water bombing berusaha memadamkan kebakaran lahan yang terjadi di Desa Rimbo Panjang, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Rabu (9/10/2019). Kebakaran lahan masih terjadi dikawasan tersebut sejak beberapa hari terakhir, tim gabungan yang terdiri dari personil Manggala Agni, TNI AD, BPBD Riau dan Satpol PP Kab Kampar juga telah turun dilokasi berjibaku memadamkan api yang diduga berasal dari unsur kesengajaan dari orang yang tidak bertanggung jawab. Masih maraknya kebakaran lahan dikhawatirkan dapat menimbulkan kembali kabut asap pekat seperti yang terjadi sebelumnya. TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY
ilustrasi. TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY (/Theo Rizky)

Helikopter itu terbang berkeliling memutar di langit gedung parlemen dan ruas-ruas jalan di sekitarnya.

Keberadaan sejumlah helikopter itu membuat heboh warga di sekitar komplek parlemen.

"Banyak helikopter terbang mondar-mandir dari tadi. Pengamanan di wilayah udara dilakukan juga," kata Pudjiyanti Purwaningsih, salah seorang warga Sukabumi Selatan, Jakarta Barat, Minggu (20/10/2019).

Sebelumnya, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan pihaknya telah mengerahkan helikopter, pesawat Boeing, dan pesawat tanpa awak (drone) untuk mendapatkan situasi keamanan di seluruh titik krusial di wilayah Jakarta saat pelantikan Presiden RI dan Wakil Presiden RI di Gedung DPR-MPR RI Jakarta pada hari ini Minggu (20/10/2019).

Informasi yang dikumpulkan alutsista TNI tersebut nantinya akan dilaporkan secara langsung ke posko pengamanan di Jalan Merdeka Barat.

Sehingga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan maka dapat segera diambik tindakan yang tepat oleh TNI-Polri.

"Sehingga seluruh aparat TNI Polri dapat memantau realtime wilayah-wilayah yang dianggap kritis. Kekuatan-kekuatan lain yang kita kerahkan juga pesawat tanpa awak terus mengawasi di seluruh wilayah ibukota terhadap ancaman-ancaman yang mungkin terjadi dan semuanya dilaporkan ke posko utama di Meredeka Barat," kata Hadi di Graha Jala Puspita Jakarta Pusat pada Minggu (20/10/2019) pagi.

Diberitakan sebelumnya, Sejumlah alutsista dikerahkan oleh TNI AU dalam rangka mengamankan pelantikan Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden RI di Gedung DPR MPR RI Jakarta pada hari ini, Minggu (20/10/2019).

Halaman
12
Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved