Kabinet Jokowi

Calon Menteri Jokowi Pakai Kemeja Putih

"Pak Harto mislanya, calon menterinya di rumah, nonton tivi. Kemudian tiba-tiba diumumkan, kaget. Lima tahun lalu pak Jokowi,

Calon Menteri Jokowi Pakai Kemeja Putih
Tribunnews.com/Theresia Felisiani
Mantan Ketua MK Mahfud MD tiba di Istana Presiden Jakarta, Senin (21/10/2019) jelang pengumuman nama-nama menteri oleh Jokowi. Mahfud disebut-sebut calon menteri. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA-Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menyambangi Istana Senin (21/10/2019). Kedatangan Mahfud MD seakan menjadi sinyal pernyataan Presiden Jokowi saat tanya jawab dengan wartawan Minggu malam, usai pelantikan Presiden - Wakil Presiden di Gedung MPR RI.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memastikan akan mengumumkan susunan kabinet pemerintahan duet Jokowi-Ma'ruf Amin hari ini. "Saya akan kenalkan menteri, yang telah kita pilih. Pagi akan dikenalkan, setelah itu akan dilantik," ujar Presiden Jokowi.

Baca: Jelang Pengumuman Kabinet, Tetty Paruntu Tiba di Istana, Calon Menteri Jokowi?

Minggu sore, Jokowi mengatakan menyediakan sekitar 16 menteri yang berasal dari kalangan partai politik. "Ya kurang lebih (menteri dari partai politik 16 orang). Saya belum ngitung. Kurang lebih," kata Jokowi.

Namun Presiden tidak memerinci pos kementerian mana yang bakal diisi kadaer partai politik. Jokowi juga enggan menjawab apakah partai nonkoalisi juga mendapat jatah menteri di kabinetnya.

Setelah Mahfud MD, satu persatu mereka yang diprediksi masuk kabinet, mulai menyambangi istana. Tutty Paruntu, Nabiem Makarim dan segera akan menyambangi istana, para calon menteri lain.

Baca: Mencicipi Dawet Telasih Bu Dermi, Minuman Legendaris Langganan Presiden Jokowi di Solo

Pengamat politik dari Indobarometer M Qodari mengungkapkan, ada perbedaan cara Presiden Jokowi mengungkapkan para calon menterinya jika dibandingkan dengan era Soeharto.

Baca: Benar Jadi Jaksa Agung? Mahfud MD Berkemeja Putih ke Istana Jelang Pengumuman Menteri Kabinet Jokowi

"Pak Harto mislanya, calon menterinya di rumah, nonton tivi. Kemudian tiba-tiba diumumkan, kaget. Lima tahun lalu pak Jokowi, calon menterinya hadir kemudian diberi kostum satu-satu, sambil lari-lari," ungkap Qodari.

Setelah dilantik sebagai Wakil Presiden RI periode 2019-2024, Maruf Amin dijadwalkan bertolak ke Jepang. Kunjungan Maruf Amin ke Jepang untuk menghadiri penobatan Kaisar Naruhito sebagai Kaisar baru Jepang.

"Senin Pak Maruf akan terbang ke Jepang untuk menghadiri penobatan kaisar baru Jepang. Kaisar Naruhito yang akan dilaksanakan pada hari selasa 22 oktober 2019," Qodari menjelaskan.

Baca: Ramalan Zodiak Cinta Besok Selasa 22 Oktober 2019 Libra Putus Saja, Aquarius Keras Kepala

M. Qodari pun mengatakan, kunjungan Wapres Ma'ruf Amin ke Jepang sekaligus menguatkan dugaan bahwa pengumuman nama calon menteri kabinet periode 2019-2024 akan dilakukan pada Rabu (20/10/2019). Sebab, pengumunan dan pelantikan menteri tidak akan dilakukan tanpa kehadiran Wapres Ma'ruf Amin.

"Pak Ma'ruf akan pulang malam harinya dan barang kali kita akan menyaksiskan pelantikan atau pengumuman dan sekaligus pelantikan kabinet pada hari Rabu atau Kamis. Bisa jadi pengumuman hari Rabu dan pelantikannya hari kamis karena tidak mungkin kabinet di umumkan tanpa kehadiran Wapres," ucap M. Qodari.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Rachmat Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved