Kabinet Jokowi

Jokowi Jamin Jaksa Agung ST Burhanuddin Profesional

Presiden Jokowi akhirnya buka suara. Dia blak-blakan mengungkapkan alasan mengapa memilih ST Burhanuddin sebagai pucuk pimpinan Korps Adhyaksa.

Jokowi Jamin Jaksa Agung ST Burhanuddin Profesional
Dennis Destryawan/Tribunnews.com
Jaksa Agung Sanitiar (ST) Burhanuddin. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Theresia Felisiani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - ‎Penunjukan ST Burhanuddin sebagai Jaksa Agung di Kabinet Indonesia Maju, menuai kritikan karena ST Burhanuddin merupakan adik dari politikus PDIP YB Hasanuddin.

Banyak pihak menduga, penunjukan itu terafiliasi dengan PDIP. ST Burhanuddin sendiri telah membantah hal tersebut. Dia menegaskan, dirinya berasal dari kalangan profesional.

Presiden Jokowi akhirnya buka suara. Dia blak-blakan mengungkapkan alasan mengapa memilih ST Burhanuddin sebagai pucuk pimpinan Korps Adhyaksa.

Baca: Alasan Ratu Meta Gugat Cerai Suami Akhirnya Terungkap

Baca: Kenapa Muhadjir Effendy Tak Sambangi Istana saat Jokowi Cari Calon Menteri?

Baca: Terinspirasi Casey Stoner, Jack Miller Siap Tampil 130 Persen di MotoGP Australia 2019

"Kenapa saya pilih Pak ST Burhanuddin sebagai Jaksa Agung. Pertama saya melihat dia dari birokrat. Orang internal yang memahami hal-hal di internal kejaksaan," ungkap Jokowi di Istana Merdeka, Kamis (24/10/2019) sore.

Bukan hanya sekali, Jokowi ternyata sudah beberapa kali berbincang dengan ST Burhanuddin dan kepincut dengan penjelasannya soal pembenahan internal di Kejaksaan hingga pencegahan korupsi.

"‎Pak JA (Jaksa Agung, ST Burhanuddin) bertemu dengan saya menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan proses perbaikan di internal dan pencegahan korupsi. Itu yang saya sangat tertarik," tegasnya.

Menyoal ST Burhanuddin adalah adik dari politisi dan dikait-kaitnya, Jokowi merasa hal tersebut terlalu berlebihan. Dia menjamin mantan Jaksa Agung Muda itu profesional dalam menjalankan tugasnya.

Di sisi lain, mantan Wali Kota Solo ini mengaku terpesona dengan penampilan yang "ok" dari ST Burhanuddin yang berkumis tebal.

"Saya menjamin JA profesional, saya liat penampilannya juga OK. Tegas tapi lembut," imbuhnya

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved