Kabinet Jokowi

Tetap di Luar Pemerintahan, PAN Siap Kritisi Kinerja Menteri

Di sisi lain, ia turut menegaskan siap mengkritik kinerja para menteri tersebut apabila memang tak sesuai harapan.

Tetap di Luar Pemerintahan, PAN Siap Kritisi Kinerja Menteri
TRIBUN/JEPRIMA
Ketua Dewan Kehormatan DPP Partai Amanat Nasional Amien Rais menggelar konferensi pers di kantor DPP PAN Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (15/7/2019). Dalam kesempatan tersebut Amien Rais membacakan surat dari Prabowo Subianto terkait pertemuan Prabowo dengan Joko Widodo beberapa waktu lalu. TRIBUNNEWS/JEPRIMA 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Drajad Wibowo, menegaskan partainya akan berada di luar pemerintah saat ini dan siap mengawalnya.

Ia mengatakan pihaknya akan mempersilahkan menteri di Kabinet Indonesia Maju untuk menunjukkan kinerjanya terlebih dahulu, seperti pernyataan Amien Rais.

"Sikap PAN tetap di luar pemerintahan, melakukan checks and balances. Seperti disampaikan pak Amien, agar fair dan obyektif PAN mempersilahkan kabinet menunjukkan kinerjanya. Bisa tidak pemerintah mewujudkan janji-janji kampanye Presiden Jokowi," ujar Drajad, ketika dihubungi Tribunnews.com, Selasa (29/10/2019).

Di sisi lain, ia turut menegaskan siap mengkritik kinerja para menteri tersebut apabila memang tak sesuai harapan.

Drajad pun mencontohkan beberapa 'muka lama' yang masih bertahan di Kabinet Indonesia Maju yang kinerja mereka dinilainya belum sesuai harapan.

"Meski memang ada beberapa menteri lama yang patut dikritik karena kinerjanya jauh dari harapan. Contohnya Menkeu," kata dia.

Baca: Pertengahan November, Para Menteri Dapat Mobil Dinas Baru

Menurutnya, kinerja penerimaan pajak hingga Oktober 2019 ini sangat jauh dari harapan, dimana kurang dari 63% target APBN per 28 Oktober kemarin.

"Kita sudah bosan mendengar berbagai alasan yang klise. Karena ekonomi global lah, karena ini itu lah. Faktanya, kinerja penerimaan pajak sering tidak mencapai target. Nah yang seperti ini akan terus kita kritisi," kata dia.

Selain itu, ada pula beberapa Menteri dan Wakil Menteri (Wamen) yang disebutnya memiliki rekam jejaknya meragukan. "Apakah dia bisa memimpin Kementerian dengan baik? Tapi agar fair, kita tunggu 100 hari dan juga 6 bulan," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais mengaku masih menahan diri untuk melontarkan kritik terhadap kabinet Presiden Joko Widodo jilid II atau Kabinet Indonesia Maju.

Halaman
12
Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved