Kabinet Jokowi

Surya Paloh Bertemu Sohibul Iman, Jokowi: Mungkin dengan Saya Enggak Begitu Kangen

Presiden Jokowi tidak mempermasalahkan pertemuan Surya Paloh dengan Muhammad Sohibul Iman. Ia memberi tahu Nasdem masih di posisi koalisi pemerintah.

TRIBUNNEWS.COM - Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Surya Paloh dan Ketua Umum Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Muhammad Sohibul Iman bertemu di kantor DPP PKS di Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Rabu (30/10/2019).

Mengenai pertemuan antar keduanya, Presiden Jokowi tidak mempermasalahkan langkah Surya Paloh yang menemui Sohibul Iman tersebut.

Diketahui Nasdem merupakan partai koalisi pendukungnya pada pemilu 2019, sedangkan PKS adalah partai oposisi.

Pertemuan mereka menyatakan 3 hal antar kesepakatan masing-masing parpol.

Pertama, Nasdem dan PKS siap untuk memperkuat fungsi pengawasan terhadap pemerintah di DPR.

Kedua, Nasdem dan PKS sepakat menjaga kedaulatan NKRI dengan menjalankan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.

Ketiga, Nasdem dan PKS siap mewariskan sejarah kerja sama para pendiri bangsa, antara kelompok nasionalis yang memuliakan nilai-nilai agana dan kelompok Islam yang memegang teguh nilai-nilai kebangsaan.

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh (kiri) berpelukan dengan Presiden PKS Sohibul Iman (kanan) usai mengadakan pertemuan di Kantor DPP PKS, Jakarta, Rabu (30/10/2019). Pertemuan tersebut dalam rangka silaturahmi kebangsaan dan saling menjajaki untuk menyamakan pandangan tentang kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh (kiri) berpelukan dengan Presiden PKS Sohibul Iman (kanan) usai mengadakan pertemuan di Kantor DPP PKS, Jakarta, Rabu (30/10/2019). Pertemuan tersebut dalam rangka silaturahmi kebangsaan dan saling menjajaki untuk menyamakan pandangan tentang kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Adanya pertemuan tersebut, menurut presiden hal ini wajar sebagai bentuk silaturahim dari kedua pimpinan partai politik tersebut.

Jokowi menyebut dan memberi kemungkinan bahwa Surya Paloh rindu dengan Sohibul Iman.

"Mungkin Pak Surya Paloh kangen sudah lama enggak ketemu Pak Sohibul Iman. Mungkin dengan saya enggak begitu kangen karena sudah sering ketemu" kata Jokowi, Jakarta, Jumat (1/11/2019), dilansir Kompas.com.

Halaman
12
Penulis: Nidaul 'Urwatul Wutsqa
Editor: Tiara Shelavie
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved