2 Jam Menlu Retno Briefing Wapres Ma'ruf Amin Soal Politik Luar Negeri RI

Retno yang tiba mengenakan baju bermotif bunga ini menuturkan, kehadirannya untuk memberikan arahan terkait politik luar negeri yang sedang dijalankan

2 Jam Menlu Retno Briefing Wapres Ma'ruf Amin Soal Politik Luar Negeri RI
Rina Ayu/Tribunnews.com
Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi, di Kantor Wakil Presiden RI, Jakarta Pusat, pada Rabu siang (6/11/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin melakukan pertemuan tertutup sekira 2 jam bersama Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi, di kantor Wapres RI, Jakarta Pusat, pada Rabu siang (6/11/2019).

Retno yang tiba mengenakan baju bermotif bunga ini menuturkan, kehadirannya untuk memberikan arahan terkait politik luar negeri yang sedang dijalankan Indonesia.

"Jadi baru saja saya menghadap Ma'ruf Amin untuk menyampaikan beberapa briefing mengenai masalah pelaksanaan politik luar negeri Indonesia," ungkap Menlu Retno.

Baca: Indonesia Aktif Suarakan Perempuan Jadi Juru Runding Perdamaian Dunia

Selain itu, ujar Mantan Duta Besar RI untuk Belanda ini, keduanya juga membahas situasi dunia terkini dari sisi politik maupun sisi ekonomi.

"Kemudian apa yang harus kita lakukan dalam situasi ini, prioritas politik Indonesia ke depan bagaimana, lingkungan negara kita dalam artian Asia Tenggara situasinya seperti apa," terang dia.

Ia menyakinkan Ma'ruf Amin, politik luar negeri Indonesia tetap pada marwah memperjuangkan kepentingan nasional, namun juga di sisi lain berkontribusi bagi dunia.

Ma'ruf Amin sejak hari kedua dilantik menjadi wapres telah ditugasi Presiden Jokowi menghadiri kegiatan di luar Negeri.

Baca: Demi Bangun SDM Unggul, Pemerintah Fokus Cari Formula Atasi Isu Stunting

Pada 21 Oktober lalu, Ma'ruf Amin bertolak ke Jepang untuk mewakili pemerintah Indonesia menghadiri penobatan Kaisar Naruhito di the Seiden (State Hall), Imperial Palace.

Kemudian 30 Oktober, ketua MUI non-aktif membuka kegiatan Palm Oil Forum di Bali, serta pada awal Desember direncanakan hadir dalam kegiatan Asia-Pacific Economic Cooperation ( APEC) di Spanyol.

Diketahui, Kemenlu memiliki prioritas luar negeri (Polugri) selama 5 tahun ke depan, yaitu penguatan diplomasi ekonomi, diplomasi perlindungan, diplomasi kedaulatan dan kebangsaan, keempat kepemimpian dan kontribusi Indonesia di kawasan dan dunia, lalu diplomasi infrastruktur.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved