Dewi Tanjung Pelapor Novel Baswedan juga Pernah Laporkan Amien Rais atas Dugaan Makar

Dewi Tanjung pernah laporkan Amien Rais atas dugaan makar, sebelum dirinya melaporkan Novel Baswedan.

Dewi Tanjung Pelapor Novel Baswedan juga Pernah Laporkan Amien Rais atas Dugaan Makar
Kompas TV
Amien Rais selesai diperiksa di Polda Metro Jaya dalam kasus dugaan makar 

TRIBUNNEWS.COM - Politisi Dewi Tanjung saat ini tengah menjadi sorotan karena laporannya kepada Novel Baswedan atas dugaan merekayasa kasus penyiraman air keras.

Sebelumnya Dewi Tanjung juga pernah melaporkan Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais atas dugaan upaya makar.

Dewi mendatangi Polda Metro Jaya pada Selasa (14/5/2019) dengan membawa barang bukti berupa video Amien Rais saat melakukan orasi.

“Orasinya Bapak Amien Rais di depan KPU, tanggal 31 Maret waktu demo. Waktu itu saya sempat lihat, makanya saya laporkan,” kata Dewi, dikutip dari laman Kompas.com, Rabu (15/5/2019).

Politikus PDI-Perjuangan, Dewi Tanjung di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (12/8/2019).
Politikus PDI-Perjuangan, Dewi Tanjung di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (12/8/2019). (KOMPAS.COM/RINDI NURIS VELAROSDELA)

Amien Rais menjadi perbincangan karena dirinya melontarkan istilah people power pada 31 Maret 2019 di Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat.

Kejadian tersebut bermula ketika Amien Rais menghadiri apel siaga umat 313 (aksi 313) yang diikuti sejumlah organisasi masyarakat (ormas) yakni FUI, FPI, dan Persaudaraan Alumni 212.

Massa awalnya akan mendatangi gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), namun mereka terlebih dulu berkumpul di Masjid Sunda Kelapa.

Dalam orasinya, Amien Rais memberi peringatan akan memobilisasi massa jika terjadi kecurangan dalam Pemilu 2019, daripada menempuhnya melalui mekanisme hukum yakni melalui Mahkamah Konstitusi.

"Kalau nanti terjadi kecurangan, sifatnya terukur, sistematis dan masif, ada bukti, itu kita enggak akan ke MK, enggak ada gunanya tapi kita langsung 'people power', ‘people power’ sah!” seru Amien saat itu.

Amien Rais kemudian kembali berujar, ia akan menggunakan people power untuk mencegah adanya pertumpahan darah atau korban.

Baca: Novel Baswedan Dilaporkan Politisi PDIP Dewi Tanjung Terkait Dugaan Rekayasa Penyiraman Air Keras

"Bukan revolusi, kalau revolusi ada pertumpahan darah. Ini tanpa sedikit pun darah tercecer, people power akan digunakan," tambah dia.

Halaman
123
Penulis: Nuryanti
Editor: Garudea Prabawati
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved