NasDem: Kalau Merasa Pancasilais Jangan Sinis

Menurut Irma, seharusnya jika ada partai yang mengaku sebagai partai pancasilais dan nasionalis tidak boleh berperilaku sinis terhadap partai lain.

NasDem: Kalau Merasa Pancasilais Jangan Sinis
Kompas.com
Ketua DPP Partai Nasdem Irma Suryani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (17/3/2017).(KOMPAS.com/Nabilla Tashandra) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua DPP Partai NasDem Irma Suryani Chaniago menegaskan pidato Surya Paloh soal sindirian partai nasionalis dan pancasilais namun tidak menjalankan nilai Pancasila tidak ditujukan pada salah satu partai politik.

Menurut Irma, seharusnya jika ada partai yang mengaku sebagai partai pancasilais dan nasionalis tidak boleh berperilaku sinis terhadap partai lain.

"Kalau merasa pancasilais jangan sinis, iya dong. Pancasila nggak boleh sinis kan gotong royong. Jadi kabinet itu harus gotong royong itu yang dilakukan Pak Jokowi," kata Irma saat ditemui di lokasi Kongres II Partai NasDem, JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (9/11/2019).

Baca: Politikus PDIP Nilai Surya Paloh Terlalu Emosional Singgung Partai Pancasilais

Irma juga menambahkan, dalam sambutan Ketum Partai NasDem Surya Paloh itu sekaligus menegaskan tidak ingin ikut campur urusan dapur partai politik lain.

"Tapi kita juga ingin agar partai-partai yang ada hari ini tidak juga mencampuri partai kita. jadi harusnya itu tabayyun komunikasi tanya? jangan suuzon negatif thinking tapi harus husnudzon berpikiran baik," ucap Irma.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, menyebut ada pihak yang mengaku sebagai partai paling nasionalis dan pancasilais, namun dalam praktiknya tidak mencerminkan kedua hal tersebut.

Menurut Surya, penilaian itu muncul lantaran pihaknya sering mendapatkan kecurigaan dari pihak lain dan itu tidak mencerminkan nilai-nilai Pancasila.

Tanpa menyebutkan secara eksplisit partai yang dimaksud, ia menantang parpol yang mengklaim diri nasionalis dan Pancasilais untuk membuktikan klaim tersebut.

Baca: Surya Paloh Beberkan Logika Berpikir Nasdem, Ungkap Kesetiaan pada Jokowi

Hal itu disampaikan Surya Paloh saat memberikan sambutannya dalam pembukaan Kongres II Partai NasDem di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (8/11/2019) malam.

“Pancasila sebagai pegangan kita, tapi kita tidak laksanakan itu. Ngakunya partai nasionalis, partai yang Pancasilais, ya buktikan saja. Rakyat membutuhkan pembuktian partai mana yang paling menanamkan nilai-nilai Pancasila,” ujar Surya Paloh.

"Kalau partai yang masih mengundang cynical propaganda yang kosong mengajak berkelahi satu sama yang lainnya, ahh yang pasti itu bukan Pancasilais itu,” tambahnya.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved