Jokowi dan Surya Paloh Disebut Saling Sindir, Pengamat: Malah Bagus, Ini Progres Demokrasi Indonesia

Pengamat dari UGM sebut saling sindir Jokowi dan Surya Paloh bagus lantaran memberi kesadaran masyarakat soal fenomena politik dua kaki dalam koalisi.

Jokowi dan Surya Paloh Disebut Saling Sindir, Pengamat: Malah Bagus, Ini Progres Demokrasi Indonesia
YouTube Talk Show tvOne
Direktur Presidential Studies Decode UGM Nyarwi Ahmad menganggap fenomena saling sindir Jokowi dan Surya Paloh justru bagus lantaran menunjukkan progres demokrasi di Indonesia. 

TRIBUNNEWS.COM - Baru-baru ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum Partai NasDem disebut saling sindir setelah pertemuan Surya dengan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman pada 30 Oktober 2019 lalu.

Direktur Presidential Studies Decode UGM, Nyarwi Ahmad menganggap fenomena ini justru bagus lantaran menunjukkan progres demokrasi di Indonesia.

Dilansir Tribunnews.com, hal tersebut disampaikan Nyarwi dalam tayangan 'Apa Kabar Indonesia' unggahan kanal YouTube Talk Show tvOne, Minggu (10/10/2019).

Nyarwi menganggap fenomena saling sindir ini justru menandakan adnaya dialog antar politisi di negeri ini meski dengan jalan sindiran.

"Sebenarnya ini bagus ya, artinya ada progres bagus di Indonesia. Kenapa? Politisi saling berdialog," ujar Nyarwi.

"Paling tidak, walaupun mereka (dengan jalan saling sindir)," tambahnya.

Bagi Nyarwi, saling sindir ini menunjukkan kedua tokoh itu bisa menyampaikan unek-uneknya ke masyarakat.

Nyarwi menyebut masyarakat juga menunggu adanya interaksi antar elite politik, misalnya dengan peristiwa saling sindir ini.

"Ya itu kan pada akhirnya menyampaikan ekspresinya di publik kan," kata Nyarwi.

"Nah paling tidak kita kan selama ini berharap juga, elite-elite itu ada statement dari si A menyampaikan ini, kemudian muncul, entah sifatnya setuju atau tidak setuju," sambungnya.

Halaman
123
Penulis: Ifa Nabila
Editor: Ayu Miftakhul Husna
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved