Pemerintah Targetkan Transaksi Sektor Perikanan Capai 5 Miliar Dollar AS

pameran seafood ini akan mampu mendorong peningkatan produk perikanan Indonesia dan menunjukkan perikanan NKRI memiliki daya saing global

Pemerintah Targetkan Transaksi Sektor Perikanan Capai 5 Miliar Dollar AS
IST
Pameran Internasional Seafood Show of Asia resmi dibuka pada Rabu (13/11) di JIEXpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Rencananya pameran tersebut akan diadakan hingga 16 November mendatang. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pameran Internasional Seafood Show of Asia resmi dibuka pada Rabu (13/11) di JIEXpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Pameran yang diadakan  hingga 16 November mendatang ini, dibuka Staf Ahli Bidang Ekologi dan Sumber Daya Laut, Aryo Hanggono dan dihadiri oleh para pengusaha dari lokal maupun internasional.

Aryo mengatakan, pameran seafood ini akan mampu mendorong peningkatan produk perikanan Indonesia, sekaligus membuktikan pada dunia bahwa perikanan NKRI memiliki daya saing global.

"Pameran ini akan menunjukkan kepada pembeli (lokal maupun luar negeri) bahwa perikananan Indonesia memiliki daya saing produk yang tinggi," ujar Aryo.

Menurutnya, produk perikananan Indonesia setiap tahun terus mengalami peningkatan bahkan sudah banyak yang diekspor ke luar negeri seperti wilayah Amerika dan Eropa.

"Targetnya produk perikanan kita akan menyasar Timur Tengah. Kita juga menargetkan mampu melakukan transaksi yang mencapai 5 Miliar USD," ujarnya.

Baca: Surya Paloh: Kalau NasDem Hanya Memikirkan Kepentingan Koalisi Jokowi, Itu Pikiran Cetek!

Untuk menjaga hal tersebut, Ia berharap semua sektor seperti pemerintah dan pelaku-pelaku industri perikanan tanah air dapat menjaga keberlangsungan baik dari segi produk maupun sumber daya manusianya.

"Kita akan terus mendukung peningkatan produk prikananan Indonesia. Salah satunya, kita akan berusaha menjamin keberlangsungan sumber dayanya dan juga pelaku usahanya itu harus terus ada," tambahnya.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Pengolahan dan Pemasaran Produk Perikanan Indonesia (APSI), Budhi Wibowo mengatakan, trend pasar untuk produk olahan perikanan saat adalah makin banyak konsumen yang mencari produk yang sudah siap masak atau siap makan (ready to cooked atau ready to eat).

Ia mengatakan bahwa studi yang dilakukan oleh Iembaga "Reaseach and Market" menyebutkan, pasar dunia makanan siap masak dan siap makan setiap tahun tumbuh lebih dari 10 persen dan didominasi oleh produk beku (frozen product).

Baca: Terbang Mewah Naik Kelas Bisnis Maskapai Timur Tengah, Intip Fasilitasnya

Halaman
12
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved