Pilot Pesawat Kepresidenan RI Jabat Komandan Wing Udara 1 Lanud Halim Perdanakusuma

Kolonel Pnb Ali Gusman resmi menjabat Komandan Wing Udara 1 Lanud Halim Perdanakusuma menggantikan Kolonel Pnb Firman Wirayudha

Pilot Pesawat Kepresidenan RI Jabat Komandan Wing Udara 1 Lanud Halim Perdanakusuma
Dinas Penerangan Angkatan Udara
Kolonel Pnb Ali Gusman resmi menjabat Komandan Wing Udara 1 Lanud Halim Perdanakusuma menggantikan Kolonel Pnb Firman Wirayudha usai upacara serah terima jabatan di apron Wing Udara 1 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada Jumat (15/11/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kolonel Pnb Ali Gusman resmi menjabat Komandan Wing Udara 1 Lanud Halim Perdanakusuma menggantikan Kolonel Pnb Firman Wirayudha setelah melakukan upacara serah terima jabatan di apron Wing Udara 1 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (15/11/2019).

Upacara tersebut dipimpin langsung Komandan Lanud (Danlanud) Halim Perdanakusuma Marsma TNI M Tonny Harjono.

Sebelum menjabat sebagai Komandan Wing Udara 1 Lanud Halim Perdanakusuma, Kolonel Pnb Ali Gusman merupakan alumni Akademi Angkatan Udara (AAU) 1996 Parasena.

Baca: Calon Pelamar Tes CPNS 2019 yang Sudah Membuat Akun Mencapai 1,7 juta

Ia pernah menjabat sebagai ADC (ajudan) Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla.

Dalam amanatnya, Tonny mengatakan pergantian pejabat dan mutasi personel di lingkungan TNI Angkatan Udara, khususnya di Lanud Halim Perdanakusuma merupakan konsekuensi logis dari dinamika organisasi TNI Angkatan Udara.

Ia mengatakan, jabatan yang baru diserahterimakan memiliki arti yang sangat strategis bagi pelaksanaan tugas Lanud Halim Perdanakusuma, maupun TNI AU secara keseluruhan.

Baca: Pakai Ember Berisi Air, Begini Cara Pelaku Pembunuhan Driver Ojol Wanita Coba Hilangkan Barang Bukti

”Wing Udara 1 merupakan satuan operasional yang memiliki peranan cukup penting dalam menentukan keberhasilan pelaksanaan tugas Lanud Halim Perdanakusuma," kata Tonny dalam keterangan resmi Dinas Penerangan Angkatan Udara, Jumat (15/11/2019).

Ia menjelaskan, keberadaan Wing Udara 1 sebagai satuan pelaksana Lanud Halim Perdanakusuma memiliki tugas menyiapkan dan melaksanakan pembinaan teknis serta pengoperasian skadron-skadron udara yang ada di Lanud Halim Perdanakusuma.

Tugas tersebut menjadi tanggung jawab Wing Udara 1 guna mendukung terlaksananya tugas, baik di lingkungan TNI AU sendiri, maupun satuan-satuan TNI lainnya, termasuk dukungan penerbangan VIP dan VVIP.

Baca: Tersangka Pembunuhan Perempuan Pengemudi Ojek Online di Rusun Cakung Ternyata Tetangganya Sendiri

“Sebagai ujung tombak Lanud Halim Perdanakusuma dalam melaksanakan pembinaan teknis dan pengoperasian jajarannya, Wing Udara 1 beserta satuan operasional di bawahnya dituntut bekerja ekstra keras dan harus menjadi prioritas utama yang meliputi segala aspek," kata Tonny.

Di akhir amanatnya, Tonny juga menekankan beberapa poin penting tentang safety culture, pengunaan media sosial secara bijak, dan meminta seluruh personel Lanud Halim Perdanakusuma untuk berpedoman pada aturan yang telah ditetapkan pimpinan.

Tak lupa, Tonny juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kolonel Pnb Firman Wirayudha yang telah melaksanakan tugas dengan baik.

Firman yang merupakan alumni AAU 1995 selanjutnya akan mengemban tugas baru sebagai Danlanud Sri Mulyono Herlambang (Smh) Palembang.

Tonny juga mengucapkan selamat juga disampaikan kepada Kolonel Pnb Ali Gusman atas kepercayaan pimpinan TNI AU untuk menjabat Danwing Udara 1 Lanud Halim Perdanakusuma.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved