Ma'ruf Amin: Cegah Radikalisme Sejak Dini Melalui Program Sekolah PAUD

Ma'ruf Amin mengatakan, pencegahan radikalisme perlu dilakukan dari hulu ke hilir, mulai dari keluarga, RT dan RW, hingga ranah pendidikan.

Ma'ruf Amin: Cegah Radikalisme Sejak Dini Melalui Program Sekolah PAUD
Rina Ayu/Tribunnews.com
Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Istana Wapres RI, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat (15/11/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin menuturkan, penanganan radikalisme jadi arus utama program pemerintah.

Salah satu pencegahannya, dengan memberikan pendidikan karakter sejak dini melalui program di sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

"Dari mulai pendidikan, bukan hanya dari SD dari PAUD diajarkan pencegahan radikalisme," ujar Ma'ruf Amin di Istana Wapres RI, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat (15/11/2019).

Ma'ruf menambahkan, pencegahan radikalisme perlu dilakukan dari hulu ke hilir, mulai dari keluarga, RT dan RW, hingga ranah pendidikan.

Baca: Wapres Maruf Amin Imbau Guru Ngaji Tak Ikut Sebarkan Paham Radikal

Baca: Penampilan Kasual Mendikbud Nadiem Makarim Saat Ikut Rapat Bersama Maruf Amin di Istana Wapres

Baca: Mendagri: Radikalisme Harus Ditangani Lintas Sektoral

"Jadi semua kita libatkan, semua stakeholder, maka itu perlu adanya penanganan yang tersinergi baik pemerintah maupun juga komponen masyarakat, ormas-ormas Islam juga," kata dia.

Sebelumnya diketahui, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tengah menyusun program pendidikan karakter yang akan diterapkan di sekolah-sekolah PAUD di seluruh Indonesia, untuk mencegah radikalisme yang menyasar anak-anak.

Direktur Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kemendikbud, Muhammad Hasmi menyebut program ini dicanangkan mulai Januari 2020 mendatang.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved