Kemendikbud Lakukan Percepatan Pemerataan Pendidikan di Wilayah Papua

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan program percepatan pendidikan untuk wilayah Papua.

Kemendikbud Lakukan Percepatan Pemerataan Pendidikan di Wilayah Papua
HandOut/Istimewa
Foto ilustrasi 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan program percepatan pendidikan untuk wilayah Papua.

Staf Ahli Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Hubungan Pusat-Daerah, James Modouw, mengatakan percepatan itu melalui kontekstualisasi kurikulum 2013.

"Kita lagi melakukan (program) percepatan itu sekarang. Kontekstualiasi pembelajaran di Papua, karena kurikulum 2013 sudah sangat energik dan terukur untuk membangun siapa saja dalam menyongsong era terbaru ini," ujar James di Sarinah, Thamrin, Jakarta, Senin (18/11/2019).

Menurut James diperlukan adaptasi dari kurikulum yang saat ini adalah melalui Inpres 9 tahun 2017.

James menjelaskan pihaknya mengejar kesetaraan pendidikan bagi masyarakat Papua agar sejajar dengan wilayah lain. Kesetaraan tersebut, menurut James dapat dengan memberikan pengajaran yang tidak mendikte.

"Kontekstualisasi itu diantaranya mengubah cara guru mengajar yang mendikte dan menyuap menindas pikiran anak yang bebas itu supaya pembelajaran dilakukan dengan cara pendampingan," tutur James.

"Sehingga kebebasan berpikir kita tumbuhkan, dengan cara itu anak-anak akan cepat berkembang. Dan bisa setara demgan orang lain, yang kita kejar kesetaraan," tambah James.

Menurut James, peningkatan kualitas pendidikan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat Papua.

"Nanti akhirnya kualitas hidupnya akan bagus, kualitas komunikasi dengan siapa saja akan menjadi baik. Kemudian juga nilai hidup yang setara dengan orang lain bisa berkembang," pungkas James.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved