Kemenhub Apresiasi Kapolres Jakarta Utara yang Bongkar Sindikat KIR Palsu

Dirjen Budi mengatakan, saat ini pihaknya memang sedang menindak tegas para pelaku pemalsuan buku KIR.

Kemenhub Apresiasi Kapolres Jakarta Utara yang Bongkar Sindikat KIR Palsu
TRIBUNNEWS.COM/RIA A
Buku KIR yang dipalsukan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ria Anatasia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan apresiasi berupa piagam penghargaan kepada Kepolisian Resort Metro Jakarta Utara yang telah mengungkap sindikat pemalsuan buku KIR beberapa waktu lalu.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan, “Saya mewakili Menteri Perhubungan mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Kepolisian terutama Polres Metro Jakarta Utara yang telah berhasil mengungkap sindikat pemalsuan buku KIR," kata Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi di kantornya, Kamis (21/11/2019).

"Hal ini merupakan kinerja yang positif semoga nantinya banyak dilakukan yang lain manakala masih terjadi pemalsuan seperti ini," lanjutnya.

Dirjen Budi mengatakan, saat ini pihaknya memang sedang menindak tegas para pelaku pemalsuan buku KIR.

"Karena sering ditemui bukunya asli namun isinya palsu begitupun sebaliknya dan hal tersebut sangat merugikan banyak pihak,” tambah Dirjen Budi.

Dalam kasus pemalsuan buku KIR, tim reskrim Polres Jakarta Utara berhasil menangkap dua orang pelaku bapak dan anaknya yaitu RA dan BS di kawasan Sunter, Tanjung Priok. Tersangka menggunakan modus sebagai biro jasa.

Berdasarkan dari lokasi kejadian terdapat 405 buku uji KIR palsu yang siap untuk didistribusikan kepada pelanggannya dan 811 lembar stiker palsu.

“Jadi berdasarkan keterangan pelaku, pelaku mengaku sudah melakukan kegiatan pemalsuan buku KIR ini sejak tahun 2007 dengan melibatkan anaknya. Masyarakat sekitar hanya mengetahui pelaku sebagai biro jasa uji KIR namun selama ini tidak ada kendaraan yang datang untuk di uji," terang Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Budhi Herdi.

Ganti Buku KIRI dengan BLUE

Halaman
12
Penulis: Ria anatasia
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved