KPK Rilis Album Bertemakan Bahaya Laten Korupsi Jumat Pekan Ini

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakalan meluncurkan album kompilasi Suara Antikorupsi (SAKSI) 2019.

KPK Rilis Album Bertemakan Bahaya Laten Korupsi Jumat Pekan Ini
Rizal Bomantama/Tribunnews.com
Gedung Merah Putih, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jalan Rasuna Said, Setiabudi, Jakarta Selatan, Ahad (18/6/2017). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakalan meluncurkan album kompilasi Suara Antikorupsi (SAKSI) 2019.

Album yang bertajuk 'Suara Antikorupsi 2019: B-side' ini akan dirilis pada Jumat (6/12/2019) di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Hari Antikorupsi Sedunia (HAKORDIA) tahun 2019.

"Album ini akan mengemas sejumlah lagu karya musisi dari penjuru negeri," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Senin (24/11/2019).

Baca: Ketua PDIP Sumut Japorman Saragih Tak Tahu Dirinya Jadi Tersangka Kasus Gatot Pujo Nugroho

Seluruh lagu yang akan mengisi album ini, kata Febri, akan dipilih oleh masyarakat melalui proses voting mulai tanggal 22 hingga 26 November 2019, yang terbuka bagi siapa pun dan dapat diakses melalui situs KPK ( https://www.kpk.go.id/ ) dan KanalKPK ( http://kanal.kpk.go.id ).

"Terdapat 15 lagu yang akan ditampilkan dan dapat didengar secara utuh pada laman voting tersebut," katanya.

Menurut Febri, nantinya, sembilan lagu terfavorit yang memperoleh suara terbanyak akan dikemas ke dalam CD yang akan diproduksi dan selanjutnya akan dibagikan secara gratis ke masyarakat.

Baca: Pembubaran TP4 dan TP4D, KPK: Itu Domain Jaksa Agung

Febri mengatakan ke-15 lagu yang akan bersaing dalam ajang Festival SAKSI 2019 itu merupakan buah karya dari duo atau band yang berasal dari Lampung, Bandung, Jogjakarta, Makassar, dan Banjarmasin.

"Ini merupakan hasil seleksi dari 479 karya yang ikut serta dalam 3 tahun penyelenggaraan Festival SAKSI sebelumnya (tahun 2016-2018)," katanya.

Judul 'B-side', lanjut dia, dipilih karena lagu-lagu ini memang belum pernah dirilis. KPK menilai ke-15 lagu tersebut tetap memiliki kekuatan dari sisi musikalitas, pesan antikorupsi, dan perlu disebarluaskan untuk mendukung upaya pemberantasan korupsi.

"Di sisi lain, album 'Suara Antikorupsi 2019: B-side' ini adalah bentuk apresiasi KPK atas kreativitas para musisi yang mewujudkan ide dan semangat antikorupsi mereka ke dalam lagu yang mereka ciptakan," kata Febri.

Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved