Perpanjangan Izin FPI

Wakil Ketua DPR Yakin Kemendagri Punya Pertimbangan Matang

Partainya sendiri menurut Dasco menyerahkan sepenuhnya kepada kementerian terkait mengenai izin perpanjang FPI tersebut.

Wakil Ketua DPR Yakin Kemendagri Punya Pertimbangan Matang
Tribunnews.com/Chaerul Umam
Wakil Ketua DPR RI Fraksi Gerindra Sufmi Dasco Ahmad 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan bahwa masalah perpanjangan izin organisasi kemasyarakatan Front Pembela Islam (FPI) menjadi kewenangan sepenuhnya Kementerian Dalam Negeri.

Menurutnya saat ini Kemendagri masih mengkaji izin perpanjangan Surat Keterangan terdaftar (SKT) FPI yang telah kadaluwarsa pada 20 Juni 2019.

“Mendagri itu juga punya parameter sendiri yang mungkin sedang dikaji. Nah, nanti kita lihat seperti apa itu adalah kewenangan dari pak Tito selaku Mendagri. Kita juga tidak mau melakukan intervensi apa-apa nanti kita sama-sama lihat,” katanya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat, (29/11/2019).

Baca: Soal Perpanjangan Izin FPI, M Qodari Sebut Tito Karnavian & Fachrul Razi Melihat Obyek yang Berbeda

Untuk diketahui Menteri Agama telah memberikan rekomendasi perpanjang izin SKT FPI kepada Kemendagri.

Kemendagri saat ini sedang mengkaji rekomendasi izin perpanjangan tersebut karena masih terdapat beberapa persyaratan yang belum terpenuhi.

Menurut Dasco setiap kementerian memiliki kewenangannya masing-masing. Meskipun Kemenag telah memberikan rekomendasi perpanjangan, namun Kemendagri memiliki kewenangan untuk mengkajinya.

Baca: Rocky Gerung Klaim FPI Kini Sudah Berubah, Budiman Sudjatmiko Ungkit Penyiraman Guru Besar UI

“Kalau kami sepanjang itu rekomendasi sudah terpenuhi ya kita lihat Mendagri tentang kajian-kajian yang ada ya kita persilakanlah ambil jalan yang terbaik untuk semua pihak,” kata Dasco yang juga merupakan Wakil Ketua Umum Gerindra tersebut.

Partainya sendiri menurut Dasco menyerahkan sepenuhnya kepada kementerian terkait mengenai izin perpanjang FPI tersebut.

Baca: Menag Soal Surat FPI: Selama Komponen Bangsa Itu Bersama-sama Ingin Memajukan Bangsa, Kenapa Sih?

Dia yakin Kemendagri memiliki pertimbangan yang matang mengenai perlu tidaknya perpanjangan izin FPI.

“Kita akan komentar lebih lanjut kalau sudah dapat hasil perkembangan lebih lanjut karena ini kan baru saja keluar rekomendasinya. Sementara baru disampaikan ke Mendagri,” pungkasnya.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved