Tanggapi Wacana Jabatan Presiden 3 Periode, PKS: Belum Ada Keperluan Mendesak

Hidayat Nur Wahid menanggapi adanya wacana jabatan presiden akan menjadi 3 periode yang berpendapat bahwa belum ada keperluan mendesak.

Tanggapi Wacana Jabatan Presiden 3 Periode, PKS: Belum Ada Keperluan Mendesak
Tangkap Layar kanal YouTube Kompas TV
Hidayat Nur Wahid mengatakan Mendagri untuk memberikan perpanjangan izin FPI seperti Menag 

TRIBUNNEWS.COM - Wakil Ketua Dewan Syuro PKS, Hidayat Nur Wahid menanggapi adanya wacana jabatan presiden akan menjadi tiga periode.

Menurut Hidayat Nur Wahid, merujuk pada perubahan UUD terutama terkait pada pasal 7 mengenai persoalan masa jabatan presiden dan wakil presiden.

Lanjutnya, perubahan UUD tersebut karena merespon tuntutan reformasi pada 1998.

"Ya secara prinsip, kami berpendapat bahwa belum ada keperluan apalagi keperluan mendesak untuk mengamandemen UUD terkait penambahan masa jabatan presiden," ujar Hidayat Nur Wahid, dilansir dari Youtube TVOneNews, (23/11/2019).

Hidayat Nur Wahid mengatakan tuntutan yang paling mendasar dari reformasi adalah mengamandemen UUD khusus terkait masa jabatan presiden.

Ia juga menjelaskan bahwa setelah diamandemenkan untuk menghadirkan satu ketentuan bahwa presiden dan wakil presiden menjabat selama lima tahun dan dapat dipilih kembali pada masa jabatan yang sama.

"Kemudian di amandemen lah untuk hanya menghadirkan satu ketentuan bahwa presiden dan wakil presiden menjabat selama lima tahun dan dapat dipilih kembali dalam masa jabatan yang sama," jelasnya.

Ia juga menegaskan jabatan presiden dibolehkan menjabat kembali pada masa jabatan yang sama untuk satu kali masa jabatan berikutnya.

"Presiden dan wakil presiden menjabat selama lima tahun dan dapat dipilih kembali dalam masa jabatan yang sama, hanya untuk satu kali masa jabatan berikutnya artinya dua kali ditetapkan, dan tidak bisa ditambah lagi," pungkasnya.

Dalam hal itu, Presiden Jokowi juga menegaskan tak setuju dengan usul masa jabatan presiden diperpanjang menjadi tiga periode.

Halaman
12
Penulis: Indah Aprilin Cahyani
Editor: bunga pradipta p
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved