Dirut Garuda Dipecat

Harley Davidson Diakui SAS Dibeli dari Akun eBay, Sri Mulyani: Kami Tidak Mendapatkan Kontak Penjual

Sri Mulyani mengatakan, seseorang berinisial SAS mengaku membeli Harley Davidson dan sepeda Brompton melalui akun eBay.

Harley Davidson Diakui SAS Dibeli dari Akun eBay, Sri Mulyani: Kami Tidak Mendapatkan Kontak Penjual
TRIBUNNEWS.COM/YANUAR
Menteri Sri Mulyani di depan Harley selundupan yang diduga libatkan Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara 

TRIBUNNEWS.COM - Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebutkan bahwa total potensi kerugian negara mencapai Rp 532 juta hingga Rp 1.5 miliar, akibat upaya penghindaran pelaporan kepada petugas Bea Cukai.

Sebelumnya, petugas Bea Cukai mendapati onderdil motor Harley Davidson ilegal di pesawat milik Garuda Indonesia, saat tiba di Indonesia dari Perancis.

Kargo pesawat sempat disebutkan tidak ada muatan, namun pemeriksaan Bea Cukai menunjukkan adanya 18 kotak dalam bagasi penumpang.

Dikutip dari YouTube Kompas TV, Sri Mulyani mengatakan, kotak tersebut berisi motor Harley Davidson bekas yang terurai, dan dua sepeda Brompton yang masih baru.

"Total kerugian negara jika mereka (Bea Cukai) tidak melakukan deklarasi ini adalah antara Rp 532 juta hingga Rp 1,5 miliar," ujar Sri Mulyani di Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (5/12/2019).

Siaran Pers kasus penyelundupan Harley Davinsion disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri BUMN Erick Tohir, Kamis (5/12/2019)
Siaran Pers kasus penyelundupan Harley Davinsion disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri BUMN Erick Tohir, Kamis (5/12/2019) (Tangkap Layar Youtube Kompas TV)

Menteri Keuangan menjelaskan, Bea Cukai masih terus melakukan penyelidikan terhadap kasus penyelundupan ini.

"Saat ini Bea dan Cukai terus melakukan proses dan penelitian lebih lanjut terhadap pihak ground handling dan juga terhadap nama penumpang yang masuk dalam klaim tax (pengembalian pajak) tersebut," jelasnya.

Istilah ground handling lebih mengacu kepada maskapai yang menggunakan jasa pelayanan penumpang dari pihak ketiga, umumnya dari anak perusahaannya sendiri, yang dipercayakan untuk fokus melaksanakan kegiatan pelayanan penumpang serta bagasi di sebuah bandara.

Sri Mulyani mengatakan, seseorang berinisial SAS mengaku membeli Harley Davidson dan sepeda Brompton melalui akun eBay.

"Kami mengatakan bahwa saudara SAS, mengaku bahwa barang ini dibeli melalui akun eBay," ungkapnya.

Halaman
1234
Penulis: Nuryanti
Editor: Fathul Amanah
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved