Menhan RI dan Australia Bahas Kerja Sama Pertahanan di Bali

Brigjen TNI Totok Sugiarto mengatakan pertemuan tersebut merupakan forum tertinggi untuk membahas kerjasama pertahanan antara kedua negara.

Menhan RI dan Australia Bahas Kerja Sama Pertahanan di Bali
Kemenhan
Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto bersama dengan Menteri Pertahanan Australia the Honourable Senator Linda Reynolds mengadakan pertemuan bilateral dalam forum Indonesia-Australia Defence Ministers’ Meeting di Nusa Dua, Bali hari ini Jumat (6/12/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto bersama dengan Menteri Pertahanan Australia the Honourable Senator Linda Reynolds mengadakan pertemuan bilateral dalam forum Indonesia-Australia Defence Ministers’ Meeting di Nusa Dua, Bali hari ini Jumat (6/12/2019).

Kepala Biro Humas Kementerian Pertahanan Brigjen TNI Totok Sugiarto mengatakan pertemuan tersebut merupakan forum tertinggi untuk membahas kerjasama pertahanan antara kedua negara.

Totok mengatakan, Prabowo dan Linda dalam kesempatan tersebut didampingi oleh Delegasi Kementerian Pertahanan dari masing – masing kedua negara.

Pertemuan bilateral tersebut dilaksanakan sebelum pertemuan forum The 6th Indonesia - Australia Foreign and Defence Ministers' 2+2 Meeting.

Ia mengatakan, selain membahas capaian kerjasama yang telah dilakukan selama ini, pada forum pertemuan Indonesia-Australia Defence Ministers’ Meeting tersebut, dibahas pula berbagai upaya peningkatan kerjasama pertahanan khususnya terkait isu dan tantangan bersama di kawasan diantaranya terkait keamanan maritim.

Melalui upaya peningkatan kerjasama pertahanan ini, kedua negara ingin lebih meningkatkan kerjasama dalam bidang peningkatan kemampuan pasukan pemelihara perdamaian, melalui kerjasama pertukaran instruktur pasukan pemelihara perdamaian.

"Forum pertemuan bilateral ini menjadi pertemuan untuk kedua kalinya antara Menhan RI dan Menhan Australia, di mana beberapa minggu yang lalu kedua pihak juga telah berkesempatan mengadakan pertemuan bilateral di sela-sela forum ADMM Plus di Bangkok," kata Totok dalam keterangan resmi Biro Humas Kemenhan pada Jumat (6/12/2019).

Totok mengatakan, dalam kesempatan tersebut, Prabowo mengatakan pertemuan bilateral tersebut memberikan makna yang lebih strategis bagi hubungan bilateral Indonesia dan Australia, khususnya dalam bidang kerjasama pertahanan.

Itu karena sebagai dua negara yang bertetangga, sangat penting bagi Indonesia dan Australia untuk membangun dan memperkuat hubungan kerjasama bilateral, termasuk kerjasama di bidang pertahanan.

Halaman
123
Penulis: Gita Irawan
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved