Hari Antikorupsi Sedunia

Bertepatan Hari Anti Korupsi, MAKI Ajukan 5 Gugatan Praperadilan

Salah satu dari lima perkara mangkrak yang diajukan praperadilan yaitu perkara korupsi Bank Century

Tribunnews.com/ Fitri Wulandari
Presenter Nadia Mulya yang juga merupakan putri dari terpidana kasus Dugaan korupsi dana talangan (bailout) Bank Century Budi Mulya saat didampingi Koordinator MAKI Boyamin Saiman, usai menyambangi KPK di Gedung Merah Putih, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (12/4/2018). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  - Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) mendaftarkan lima gugatan praperadilan terkait perkara mangkrak.

Upaya praperadilan itu diajukan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, pada Senin (9/12/2019).

"MAKI hari ini mendaftarkan lima gugatan Praperadilan perkara mangkrak di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Ini dalam rangka memperingati hari anti korupsi tanggal 9 Desember 2019 melawan KPK, Kapolri dan Jaksa Agung," kata Boyamin Saiman, Koordinator MAKI, dalam keterangannya Senin (9/12/2019).

Salah satu dari lima perkara mangkrak yang diajukan praperadilan yaitu perkara korupsi Bank Century.

Baca: Uji Materi UU KPK: Ujian Kredibilitas Mahkamah Konstitusi

Dia menjelaskan perkara korupsi Bank Century sampai saat ini masih tahap penyelidikan dan KPK tidak berani meningkatkan ke tahap penyidikan.

"Padahal sudah ada putusan praperadilan yang memerintahkan KPK menetapkan tersangka baru yaitu Boediono, Muliaman Hadad dkk," kata dia.

Selain itu, untuk perkara melawan KPK lainnya, ada satu perkara lainnya yang diajukan, yaitu perkara dugaan korupsi pembelian lahan Sumberwaras.

Baca: Kata Saut Situmorang Soal MK Tolak Gugatan Uji Materi UU KPK

"Yang hingga kini tidak jelas penanganan oleh KPK, tidak dihentikan namun juga tidak diteruskan alias stagnan," kata dia.

Lalu, perkara melawan Jaksa Agung. Perkara pertama, perkara dugaan korupsi Hibah Sumatera Selatan 2013 dengan anggaran 2,1 Trilyun, mangkrak karena penyidikan sejak Mei 2017.

Namun, kata dia, hingga kini belum menetapkan tersangka.

Halaman
12
Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved