Ini 3 Cara BPIP Sebarluaskan Nilai-nilai Pancasila di Era Perkembangan Teknologi

Aris Heru Utomo mengungkapkan ada tiga cara yang dilakukan BPIP untuk menyebarkan pemahaman Pancasila kepada masyarakat, terutama milenial.

Ini 3 Cara BPIP Sebarluaskan Nilai-nilai Pancasila di Era Perkembangan Teknologi
Chaerul Umum/Tribunnews.com
Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar sosialisasi Pancasila kepada ratusan milenial di Hotel Novotel Yogyakarta, Sabtu (14/12/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, YOGYAKARTA - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menjawab tantangan zaman yang mengandalkan teknologi dalam menyebarluaskan informasi.

Direktur Sosialisasi, Komunikasi dan Jaringan BPIP Aris Heru Utomo mengungkapkan ada tiga cara yang dilakukan BPIP untuk menyebarkan pemahaman Pancasila kepada masyarakat, terutama milenial.

Hal itu dikatakannya di acara Sosialisasi Pancasila kepada ratusan pelajar yang tergabung dalam Gerakan Siswa Nasional Indonesia (GSNI), di Hotel Novotel Yogyakarta, Sabtu (14/12/2019).

Pertama, BPIP menggunakan pendekatan kepada milenial untuk menjadi duta Pancasila.

"Jumlah generasi muda saat ini hampir mencapai 128 juta. Ini perlu menjadi target BPIP untuk bagaimana menjadikan generasi muda sasaran khusus, bisa memahami nilai-nilai Pancasila," katanya.

Baca: BPIP Bumikan Nilai-nilai Pancasila kepada Ratusan Milenial di Kota Pelajar

Kedua, menunjuk tokoh yang berpengaruh atau influencer untuk terlibat menyebarluaskan nilai-nilai Pancasila.

Ia mencontohkan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menitipkan Pancasila kepada penyanyi campursari Didi Kempot.

"Salah satu target kita bagaimana BPIP menggunakan influencer untuk bisa menyampaikan pesan-pesan Pancasila kepada generasi muda. Mungkin di kegiatan selanjutnya BPIP akan mengundang influencer yang digemari di Indonesia," katanya.

"Misalnya kemarin Pak Presiden bilang kita titipkan Pancasila lewat Didi kempot karena pengaruhnya beliau sebagainsalah satu influencer lewat lagu lagunya yang tren di kalangan tua dan muda," imbuhnya.

Ketiga, kata Aris, menggunakan cara yang lebih kekinian, misalnya melalui kegiatan yang digemari para milenial.

Misalnya melalui kegiatan olahraga, musik dan nonton film.

Baca: Soal Pengarusutamaan Pancasila, BPIP akan Dampingi Masyarakat dengan Usaha Pelatihan agar Berkembang

"BPIP lagi bikin film pendek namanya Sejarah Garuda Pancasila. Nungkin kalau sudah jadi bisa bikin acara nonton bareng dan diskusi bersama sehingga kita bisa paham lahirnya Garuda Pancasila," ujarnya.

Dalam acara tersebut, turut dihadiri oleh Staf Khusus Dewan Pengarah Lia Kian dan Direktur Hubungan Antara Lembaga dan Kerjasama BPIP Elfrida Herawati Siregar.

Penulis: chaerul umam
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved