Natal 2019

Menag Fachrul Razi Bicara Kabar Adanya Pelarangan Ibadah Natal di Padang

Fachrul menyebutkan, adanya kesepakatan atau konsesus lama yang telah dipegang masyarakat pada dua kabupaten tersebut mengenai pelaksanaan ibadah.

Menag Fachrul Razi Bicara Kabar Adanya Pelarangan Ibadah Natal di Padang
Rina Ayu/Tribunnews.com
Menteri Agama RI Fachrul Razi ke kantornya, di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Pusat, Senin (9/12/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Agama, Fachrul Razi buka suara ihwal adanya kabar pelarangan pelaksanaan ibadah Natal di dua Kabupaten Sijunjung dan Dharmasraya, Padang, Sumatera Barat.

Dia menyatakan, belum banyak mendengar informasi mengenai hal tersebut.

"Belum cek. Nanti kita tanya bagaimana kesepakatan itu," kata Fachrul Razi di Ballroom BPPT, Jakarta Selatan, Sabtu (21/12/2019).

Namun berdasarkan informasi awalnya, Fachrul menyebutkan, adanya kesepakatan atau konsesus lama yang telah dipegang masyarakat pada dua kabupaten tersebut mengenai pelaksanaan ibadah.

Khususnya untuk menghindari adanya konflik horizontal antara pemeluk Kristiani di Jorong Kampung Baru dengan ninik mamak Nagari Sikabau. Kesekapatan ini kabarnya telah lama berlangsung sejak tahun 1999 lalu.

Baca: Rayakan Natal, AMPI Harus Menjadi Agen Pemersatu Bangsa

Namun ia tidak menyebutkan kesepakatan apa yang telah disepakati masyarakat setempat.

Dari informasi yang dihimpun, bisa jadi kesepakatan yang dimaksudkan ihwal beribadah menurut agama dan kepercayaan di rumah masing masing.

Dalam kesepakatan itu juga disebutkan seandainya harus melaksanakan ibadah yang sifatnya berjamaah atau mendatangkan jamaah dari tempat lain, maka harus dilakukan di tempat ibadah yang resmi.

Baca: Respons Pro Kontra Ucapan Selamat Hari Natal, Fachrul Razi: Tak akan Mengganggu Akidah Masing-masing

"Tapi yang penjelasan mereka, kesepakatan lama sudah begitu karena di dua kabupaten itu tidak ada gereja jadi disepakati bahwa natalannya di (rumah atau gereja)," pungkas dia.

Halaman
12
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved