Natal 2019

Larangan Natal di Dharmasraya, Ma'ruf Amin: Harus Ada Kesepakatan agar Umat Nasrani Bisa Merayakan

Ma'ruf Amin mengimbau harusnya ada kesepakatan kepala daerah dengan tokoh setempat agar umat Nasrani bisa tetap merayakan Natal di wilayah itu.

Larangan Natal di Dharmasraya, Ma'ruf Amin: Harus Ada Kesepakatan agar Umat Nasrani Bisa Merayakan
Tribunnews.com/ Rina Ayu
Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin di Kantor Wapres RI, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (11/12/2019). 

TRIBUNNEWS.COM - Baru-baru ini, isu pelarangan perayaan Natal di beberapa desa di Kabupaten Dharmasraya dan Sijunjung, Sumatera Barat ramai diperbincangkan.

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin mengimbau harusnya ada kesepakatan kepala daerah dengan tokoh setempat agar umat Nasrani bisa tetap merayakan Natal di wilayah itu.

Dikutip Tribunnews.com dari Kompas.com, Rabu (25/12/2019), Ma'ruf Amin meminta pemerintah kabupaten setempat untuk menjaga suasana agar tetap kondusif saat perayaan Natal di sana.

"Agar aparat pemda dapat menjaga suasana kondusif atas pelaksanaan perayaan ibadah Natal bagi saudara kita kaum Nasrani agar ditindaklanjuti oleh masing-masing pemda setempat," ujar Ma'ruf Amin.

Ma'ruf Amin juga mendorong Pemkab Dharmasraya dan Sijunjung untuk melaksanakan perintah dalam surat Menteri Dalam Negeri.

Surat itu berisi imbauan agar umat Nasrani bisa melaksanakan Natal di tempat masing-masing tanpa harus pergi ke daerah lain.

Ma'ruf Amin meminta agar pemerintah setempat bisa langsung mengambil tindakan untuk membuat kesepakatan perayaan Natal.

Kesepakatan itu dimaksudkan agar tidak adanya kerusuhan saat perayaan Natal dilaksanakan di dua kabupaten itu.

"Solusi dari masing-masing Pemda dimaksud, secara sigap mesti sudah terlebih dahulu diambil dalam bentuk kesepakatan bersama dengan para tokoh adat, tokoh agama dan masyarakat sekitar," jelas Ma'ruf Amin.

"Sehingga, jika umat Nasrani merayakan ibadah Natal di tempat masing-masing kabupaten (Dharmasraya dan Sinjunjung) tidak menimbulkan kegaduhan dan masalah baru," sambungnya.

Komisioner Komnas HAM Choirul Anam membahas kabar pelarangan perayaan Natal di beberapa desa di Kabupaten Dharmasraya dan Sinjunjung, Sumatera Barat.
Komisioner Komnas HAM Choirul Anam membahas kabar pelarangan perayaan Natal di beberapa desa di Kabupaten Dharmasraya dan Sinjunjung, Sumatera Barat. (YouTube Talk Show tvOne)
Halaman
123
Penulis: Ifa Nabila
Editor: Ayu Miftakhul Husna
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved