Breaking News:

Banjir Jakarta

Kota Bekasi Paling Terdampak Banjir, Genangan Air Paling Tinggi Ada yang Mencapai 2,5 Meter

Agus mengatakan, dari 53 titik di Kota Bekasi tersebut ketinggian genangan air tertinggi berada di ketinggian 2,5 meter.

Tribunnews.com/ Fahdi Fahlevi
Perumahan Pondok Timur Mas (PTM) dan The Green View terendam banjir, Rabu (1/1/2020) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (Kapuadatinkom BNPB) Agus Wibowo menyatakan Kota Bekasi sebagai wilayah paling terdampak banjir di awal tahun 2020.

Berdasarkan pantauan BNPB, dari 169 titik banjir di seluruh wilayah Jabodetabek dan Banten, terdapat 53 titik banjir yang berada di Kota Bekasi.

Agus mengatakan, dari 53 titik di Kota Bekasi tersebut ketinggian genangan air tertinggi berada di ketinggian 2,5 meter.

"Kedalaman banjir tertinggi sebesar 2,5 meter terjadi di Perum Beta Lestari, Jatirasa, Jatiasih, Kota Bekasi. Sedangkan genangan dengan kedalaman 1 - 2 m terdapat 49 titik lainnya," kata Agus ketika dikonfirmasi Tribunnews.com pada Rabu (1/1/2020).

Selain itu, ia mengatakan titik banjir terbanyak berada di Provinsi Jawa Barat 97 titik, DKI Jakarta 63 titik dan Banten sembilan titik.

Di Provinsi Banten terdapat sembilan titik dengan rincian Kota Tangerang 3 titik dan Tangerang Selatan 6 titik.

Sesangkan 63 titik di DKI Jakarta terdapat di Jakarta Barat tujuh titik, Jakarta Pusat dua titik, Jakarta Selatab 39 titik, Jakarta Timur 13 titik, dan Jakarta Utara dua titik.

"Sedangkan di Jawa Barat mempunyai 97 titik banjir dengan rincian Kabupaten Bekasi 32 titik, Kota Bekasi 53 titik dan Kabupaten Bogor 12 titik. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa wilayah yang paling terdampak banjir adalah Kota Bekasi yakni 53 titik, Jakarta Selatan 39 titik, Kabupaten Bekasi 32 titik, dan Jakarta Timur 13 titik," kata Agus.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved