Banjir di Jakarta

Anies Sebut Pembebasan Lahan Untuk Sodetan Ciliwung ke BKT Masuk Fase Appraisal Kementerian PUPR

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan persoalan pembebasan lahan untuk sodetan Sungai Ciliwung ke Banjir Kanal Timur (BKT) telah selesai.

Anies Sebut Pembebasan Lahan Untuk Sodetan Ciliwung ke BKT Masuk Fase Appraisal Kementerian PUPR
Tribunnews.com/ Seno Tri Sulistiyono
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (8/1/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan persoalan pembebasan lahan untuk sodetan Sungai Ciliwung ke Banjir Kanal Timur (BKT) telah selesai.

"Alhamdulilah pada pertengahan Desember kemarin, sudah selesai pembicaraan dengan warga. Sekarang mulai fase appraisal (penilaian)," kata Anies Baswedan di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (8/1/2020).

Menurutnya, setelah penilaian dilakukan Kementerian PUPR selesai, maka tahap selanjutnya transaksi pembayaran kepada masyarakat yang tanahnya terkena pembebasan lahan untuk sodetan.

Baca: Jokowi Minta Anies Tuntaskan Sodetan Sungai Ciliwung Tahun Ini

"InsyaAllah Januari ini bisa diselesaikan transaksinya. karena transaksinya antara Kementerian PUPR dan masyarakat," kata Anies Baswedan.

"Ink kan APBN bukan APBD, jadi pembelian tanahnya pun oleh Kementerian PUPR. Jadi kita ini fasilitator, pembelian tanah oleh PUPR," sambung Anies Baswedan.

Saat rapat pembahasan banjir di Istana Merdeka, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Anies Baswedan segera menuntaskan sodetan sungai Ciliwung ke BKT.

Baca: Anies Baswedan Digugat Rp 1 Triliun, Tim Advokasi Korban Banjir Ungkap Alasan Tak Gugat Wali Kota

"Yang berkaitan dengan Jakarta, saya minta yang sodetan Ciliwung menuju ke BKT itu juga tahun ini bisa dirampungkan," ujar Jokowi.

Untuk menyelesaikan sodetan, kata Jokowi, Anies harus bisa menyelesaikan pembebasan lahan yang saat ini ditempati warga.

"Saya kira bisa secepatnya dengan gubernur (DKI Jakarta) untuk bisa menyelesaikan masalah pembebasan lahannya," ujar Jokowi.

Baca: Anies Baswedan Digugat Rp 1 Triliun, Tim Advokasi Korban Banjir Ungkap Alasan Tak Gugat Wali Kota

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, sodetan sungai Ciliwung ke BKT sepanjang 1,2 kilo meter sudah diselesaikan 600 meter.

"Tinggal kurang 600 meter, ini pak Gubernur (DKI Jakarta) sudah berdiskusi, bermusyawarah dengan masyarakat untuk membebaskan. InsyaAllah mudah-mudahan tidak terlalu lama akan bisa kita bebaskan," papar Basuki.

Selain Anies Baswedan, hadir juga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Banten Wahidin Halim.

Kemudian, Walikota Bekasi Rahmat Effendi Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya, Bupati Bogor Ade Munawaroh Yasin.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved