Saat Perayaan Natal di Mabes, Panglima TNI Singgung Bencana Alam

Ia pun menekankan pesan Presiden RI Joko Widodo soal kebutuhan sumber daya manusia yang unggul untuk mencapai visi Indonesia maju.

Saat Perayaan Natal di Mabes, Panglima TNI Singgung Bencana Alam
TRIBUNNEWS.COM/GITA
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat memberikan sambutan 

Laporan Wartaawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto membahas terkait upaya TNI dalam membantu korban musibah bencana alam yang melanda Indonesia di awal tahun 2020 saat memberikan sambutan di acara perayaan Natal Bersama TNI 2019 di Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur pada Kamis (9/1/2020).

Di hadapan sekira 3600 personel TNI yang hadir, Hadi mengatakan Natal juga memiliki dimensi sosial berupa solidaritas kesetiakawanan, yang menurutnya bukan sekedar slogan koson namun juga harus diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari.

Ia mengatakan, hal tersebut erat dengan nilai-nilai keprajuritan serta tugas pokok yang diemban oleh TNI.

"Masih dalam suasana perayaan Natal, ternyata terjadi musibah bencana alam di beberapa daerah. TNI segera bergerak untuk memberikan bantuan dan bahu membahu dengan Kementrian, Lembaga, serta komponen bangsa lainnya," kata Hadi dalam sambutannya pada Kamis (9/1/2020).

Ia mengatakan, bantuan yang diberikan oleh satuan, badan, lembaga, dan organisasi yang penuh dengan keanekaragaman tersebut diberikan kepada semua warga tanpa memandang perbedaan apapun juga.

"Inilah bentuk nyata semangat perayaan Natal yang sesungguhnya sudah kita terapkan. Dan saya yakin dalam kehidupan sehari-hari lainnya semangat kedamaian, kesetiakawanan, saling menghargai, toleransi, dan gotong royong senantiasa menjiwai masyarakat kita," kata Hadi.

Selain itu, menurutnya semangat keberagaman seharusnya juga memupuk persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang Bhinneka Tunggal Ika.

Menurut Hadi, semangat persatuan dan kesatuan tersebut semakin dibutuhkan untuk menghadapi berbagai tantangan yang semakin kompleks, dan kemajuan teknologi yang ternyata membawa paradoks berupa keterasingan individual, ujaran kebencian dan kesenjangan lainnya.

Ia pun menekankan pesan Presiden RI Joko Widodo soal kebutuhan sumber daya manusia yang unggul untuk mencapai visi Indonesia maju.

"Sumber daya manusia (SDM) unggulan ini tentunya tidak hanya memiliki kemampuan intelektual ataupun produktivitas yang tinggi. SDM tersebut harus juga memiliki semangat persatuan dan kesatuan serta menjunjung tinggi Bhinneka Tunggal Ika," kata Hadi.

Perayaan Natal Bersama TNI merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh Prajurit dan PNS TNI bersama keluarga, dengan tema “Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang”.

Baca: China Usik Laut Natuna, Presiden Jokowi Temui Ratusan Nelayan di Selat Sampa

Halaman
12
Penulis: Gita Irawan
Editor: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved