Mendikbud Nadiem Makarim Serahkan Naskah Soal Tes CPNS Kepada Panitia Seleksi Nasional

Nadiem Makarim mengatakan, sebagai satu instrumen penting dalam menjaring calon ASN, penyusunan soal SKD tahun 2019 melibatkan berbagai pihak.

Mendikbud Nadiem Makarim Serahkan Naskah Soal Tes CPNS Kepada Panitia Seleksi Nasional
dok. ICANDO
Nadiem Makarim 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyerahkan naskah soal CPNS Tahun 2019 kepada Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Pengadaan CPNS Tahun 2019 yang diwakili Menteri PAN dan RB, Tjahjo Kumolo.

Soal tersebut dibuat Kemendikbud untuk tahap seleksi kompetensi dasar (SKD).

Baca: Kesaksian Korban Banjir Jakarta, Tidak Makan Sehari Semalam hingga Ikut Gugat Anies Baswedan

Nadiem Makarim mengatakan, sebagai satu instrumen penting dalam menjaring calon ASN, penyusunan soal SKD tahun 2019 melibatkan berbagai pihak.

“Selanjutnya untuk memastikan bahwa soal yang telah disusun sesuai dengan kaidah penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar, telah dilakukan telaah bahasa oleh para ahli bahasa dari Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan," ujar Nadiem dalam keterangan tertulis, Senin (13/1/2020).

Sementara itu, Tjahjo Kumolo mengatakan ujian CPNS harus dilakukan dengan penuh kerahasiaan.

Baca: Viral Ojol Dilarang Masuk Restoran, Cuma Boleh Tunggu di Pintu Masuk atau Teras, Ini Kata Manajemen

"Harus dilakukan dalam proses kehati-hatian dan jaminan kerahasiaan serta keamanan data, itu jadi komitmen kita bersama. Kita berharap semua pihak dapat terus mengawal kelancaran dan keamanan dari seluruh tahapan (seleksi) yang ada," ucap Tjahjo.

Baca: Bupati Sidoarjo Saiful Ilah Mengaku Tidak Pegang Uang Suap Saat Dirinya Terjaring OTT KPK

Penyusunan soal SKD tersebut melibatkan unsur dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Kemendikbud juga melibatkan para koordinator penyusunan soal CPNS tahun 2018 yang merupakan dosen-dosen yang berkompeten dari perguruan tinggi, serta didampingi oleh ahli konstruksi soal dari Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved