Masa Jabatan Anggota Dewan Digugat

Majelis hakim konstitusi menggelar sidang pemeriksaan pendahuluan uji materi Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Majelis hakim konstitusi menggelar sidang pemeriksaan pendahuluan uji materi Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (MD3) terhadap Undang-Undang Dasar 1945.

Pada Selasa (14/1/2020) ini, sidang beragenda pemeriksaan pendahuluan.

Sidang dipimpin Anwar Usman dan didampingi dua orang hakim konstitusi lainnya, yaitu Arief Hidayat dan Suhartoyo.

Ignatius Supriyadi, selaku pemohon perkara ini, menguji empat pasal di UU MD3. Yaitu, Pasal 76 ayat (4), Pasal 252 ayat (5), Pasal 318 ayat (4), dan Pasal 367 ayat (4).

Pertama, Pasal 76 ayat (4) UU MD3 sepanjang frasa dan berakhir pada saat anggota DPR yang baru mengucapkan sumpah/janji.

Pasal 252 ayat (5) UU MD3 frasa dan berakhir pada saat anggota DPD yang baru mengucapkan sumpah/janji.

Pasal 318 ayat (4) UU MD3 frasa dan berakhir pada saat anggota DPRD Provinsi yang baru mengucapkan sumpah/janji.

Serta, Pasal 367 ayat (4) UU MD3 frasa dan berakhir pada saat anggota DPRD kabupaten/kota yang baru mengucapkan sumpah/janji] terhadap Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Dia merasa dirugikan atas berlakunya empat pasal itu. Dia menilai pasal-pasal itu bertentangan dengan Pasal 28D ayat (1) dan ayat (3) Undang-Undang Dasar 1945, yang pada intinya menyatakan setiap orang berhak atas kepastian hukum yang adil dan berhak untuk memperoleh kesempatan yang sama dalam pemerintahan.

Dia memandang berlakunya pasal-pasal itu mengatur masa jabatan anggota DPR, DPD, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota adalah 5 tahun dan berakhir pada saat anggota DPR, DPD, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota yang baru mengucapkan sumpah atau janji.

Halaman
12
Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved