Di Depan Menhan Prabowo, Sri Mulyani Samakan Fungsi Alutsista dan APBN

Sri Mulyani mengungkapkan, alutsista dan APBN sama-sama berfungsi dalam menjaga ketahanan negara dari sisi keamanan dan perekonomian.

Di Depan Menhan Prabowo, Sri Mulyani Samakan Fungsi Alutsista dan APBN
Yanuar Riezqi Yovanda
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri Keuangan Sri Mulyani 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Di depan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Menteri Keuangan Sri Mulyani membandingkan fungsi Alutsista dan APBN.

Sri Mulyani mengungkapkan, Alutsista dan APBN sama-sama berfungsi dalam menjaga ketahanan negara dari sisi keamanan dan perekonomian.

"Analoginya kalau Anda punya alutsista, alat akan berguna kalau sehat dan kredibel. Saat dibutuhkan siap untuk dipakai," ujarnya saat menghadiri Rapim di Kementerian Pertahanan, Jakarta, Kamis (23/1/2020).

Namun, ia menyampaikan, jika alat tersebut tidak berfungsi dengan baik maka tidak bisa menjaga ketahanan dan pembangunan negara.

Baca: Jokowi Bela Prabowo yang Disebut Kerap ke Luar Negeri: Kalau Masih Tanya, Belum Ngerti Diplomasi

"Kalau alatnya sakit, tidak dipelihara maka jadi pajangan saja. Kalau jaga alutsista untuk pertahanan negara, kami jaga APBN untuk ketahanan pembangunan negara," kata Sri Mulyani.

Menurut eks direktur pelaksana Bank Dunia tersebut, pemerintah perlu memakai instrumen fiskal melalui APBN untuk mendorong pembangunan.

Baca: Jokowi Ingatkan Prabowo: Hati-hati, Anggaran Kemenhan Capai Rp 127 Triliun

"Saya tekankan APBN adalah instrumen, bukan tujuan. Namun instrumen itu agar sampai tujuan dijaga kesehatan dan kredibilitas, sehingga ketika dibutuhkan jadi instrumen yang efektif," pungkasnya.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved