Prabowo Sempat Dikritik, Jokowi Pasang Badan: Kunker untuk Diplomasi Pertahanan, Bukan yang Lain

Presiden Jokowi membela Menhan Prabowo yang sempat dikritik PKS lantaran dinilai terlalu sering melakukan kunjungan kerja ke luar negeri.

Prabowo Sempat Dikritik, Jokowi Pasang Badan: Kunker untuk Diplomasi Pertahanan, Bukan yang Lain
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kedua kanan), dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (kiri) usai meninjau pameran alutsista di sela-sela Rapat Pimpinan (Rapim) Kementerian Pertahanan, TNI dan Polri di Kantor Kemhan, Jakarta, Kamis (23/1/2020). Rapim Kemhan, TNI dan Polri Tahun 2020 mengusung tema 'Pertahanan Semesta Yang Kuat, Menjamin Kelangsungan Hidup NKRI'. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membela Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto yang sempat mendapat kritikan dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) lantaran dinilai sering kunjungan kerja (kunker) ke luar negeri.

Hal itu disampaikan Jokowi melalui sambutannya dalam Rapat Pimpinan Kementerian Pertahanan 2020, Kamis (23/01/2020).

Jokowi menegaskan kunjungan kerja yang dilakukan oleh Menhan tak lain dalam rangka diplomasi pertahanan.

"Kalau ada yang mempertanyakan Pak Menhan pergi ke sebuah negara, itu adalah dalam rangka diplomasi pertahanan kita, bukan yang lain-lain," kata Jokowi dalam sambutannya yang diunggah di kanal Youtube Kompas TV, Kamis (23/1/2020).

Lebih lanjut, Jokowi menyampaikan, kunjungan kerja yang dilakukan Prabowo ke beberapa negara ialah untuk melihat alat utama pertahanan (alutsista) yang akan dibeli oleh Indonesia.

"Meskipun saya tahu, beliau ini ke negara-negara tertentu juga dalam rangka melihat alutsista yang ingin kita beli," tutur Jokowi.

"Bagus atau tidak bagus. Benar atau tidak benar. Bisa digunakan atau tidak bisa digunakan, semua dicek secara detail," lanjutnya.

"Dan itu kita diskusikan dengan Pak Menhan tidak hanya sekali-dua kali," tambah presiden.

Kritik PKS

Sebelumnya, dilansir dari Kompas.com, PKS sempat mengkritik kunjungan kerja Prabowo yang tercatat sudah ke tujuh negara.

Halaman
123
Penulis: Widyadewi Metta Adya Irani
Editor: Tiara Shelavie
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved