Harun Masiku Buron KPK

Argo Benarkan KPK Kirim Balik Rosa Purbo ke Institusi Polri

Diketahui, Rosa adalah salah satu penyidik yang menangani kasus dugaan suap pergantian antarwaktu (PAW) yang menyeret eks caleg PDIP Harun Masiku

Argo Benarkan KPK Kirim Balik Rosa Purbo ke Institusi Polri
Tribunnews.com/ Igman Ibrahim
Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Argo Yuwono di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (22/11/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Argo Yowono membenarkan Kompol Rosa Purbo Bekti telah dikembalikan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke institusi Polri.

Diketahui, Rosa adalah salah satu penyidik yang menangani kasus dugaan suap pergantian antarwaktu (PAW) yang menyeret eks caleg PDIP Harun Masiku dan Komisioner KPU Wahyu Setiawan.

"Berkaitan dengan Kompol Rosa, memang sudah dikembalikan ke kepolisian," kata Argo di Kantor Pusat PT Jasa Raharja, Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (5/2/2020).

Baca: Pengembalian Penyidik KPK yang Tangani Kasus Suap Kader PDIP ke Polri Diklaim Sepihak

Dia menyebutkan, anggota kepolisian yang telah ditugaskan ke dalam kementerian/lembaga dinilai wajar apabila ditarik kembali ke institusi awalnya. Argo mengklaim, hal itu juga pernah terjadi di dalam beberapa kasus.

"Anggota kepolisian yang ditugaskan di kementerian/lembaga itu tidak hanya di KPK saja. Ada juga ditempat lain, dan semuanya itu ada MOU yang dilakukan. Apabila dari ASN itu sendiri maupun lembaga lain mengembalikan, itu tidak masalah," tuturnya.

Menurutnya, saat ini pun masih banyak penyidik yang berasal dari anggota polri dan masih aktif menjadi penyidik KPK. Untuk Rossa, ia mengaku akan menggunakan tenaganya untuk di institusi polri kembali.

"Kita gunakan anggota itu tenaganya untuk kepolisian. Tidak masalah. Dan yang di KPK juga masih banyak anggota yang lain, ada di kementerian hukum seperti penyidik dan kita berikan yang terbaik untuk KPK," pungkasnya.

Baca: Hampir Sebulan Harun Masiku Buron: Kompol Rosa Tak Diberi Akses hingga Penjelasan Ketua KPK

Sebelumnya, Polri dan KPK sempat memberi keterangan yang bertolak belakang tentang status pengembalian Kompol Rossa.

Polri menyebut Kompol Rosa tidak ditarik karena masa tugasnya di KPK baru berakhir September 2020.

Halaman
12
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved