Breaking News:

Kongres PAN

Pengamat: Dalam Pemilihan Ketua Umum PAN Restu Amien Rais Lebih Berpengaruh Dibanding Jokowi

Restu Jokowi kepada seorang calon ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN) dinilai tidak berpengaruh banyak dalam menarik suara kemenangan.

KOMPAS/NINO CITRA ANUGRAHANTO
Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais. (KOMPAS/NINO CITRA ANUGRAHANTO) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Restu Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada seorang calon ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN) dinilai tidak berpengaruh banyak dalam menarik suara kemenangan.

Akademisi Universitas Al-Azhar Indonesia (UIA) Jakarta Ujang Komarudin mengatakan, tradisi di PAN berbeda dengan Partai Golkar yang perlu mendapatkan dukungan dari Presiden.

"Kalau tradiri di PAN itu calon ketua umum harus dapat restu dan dukungan Amien Rais," ujar Ujang saat dihubungi Tribun, Jakarta, Minggu (9/2/2020).

Baca: Pengamat: Siapa Calon Ketua Umum PAN yang Dapat Dukungan Amien Rais, Kemungkinan Akan Menang

Karena itu, Ujang menilai calon ketua umum yang mendapatkan dukungan dari Amien Rais berpotensi memenangkan kontestasi perebutan kursi orang nomor satu di partai berlambang matahari putih.

"Di PAN, siapa yang dapat dukungan Amien Rais, kemungkinan dialah yang akan menang. Jadi di PAN, presiden tidak akan turun (intervensi)," tutur Ujang.

Baca: Amien Rais Amien Rais Cium Gelagat Keikutsertaan Pihak Luar dalam Kongres PAN

Saat inu ada empat nama masuk kandidat calon ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN) peridoe 2020-2025.

Ketua Panitia Pengarah Kongres V PAN Eddy Soeparno mengatakan, keempat calon tersebut yaitu Zulkifli Hasan, Asman Abnur, Mulfachri Harahap dan Dradjad Wibowo.

DPP PAN melalui Panitia Kongres V membuka pendaftaran Calon Ketua Umum periode 2020-2025.

Kongres V PAN sendiri akan digelar di Kendari pada 10 sampai 12 Februari 2020. Salah satu agendanya adalah memilih dan menetapkan Ketua Umum Periode 2020-2025.

Halaman
123
Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved