Virus Corona

Empat WNI yang Positif Corona Kini dalam Perawatan Tim Medis Jepang

Terawan Agus Putranto mengatakan bahwa empat orang WNI yang positif terinfeksi virus Corona atau Covid-19 dalam perawan tim medis Jepang

Empat WNI yang Positif Corona Kini dalam Perawatan Tim Medis Jepang
Tribunnews/JEPRIMA
Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan bahwa empat orang WNI yang positif terinfeksi virus Corona atau Covid-19 dalam perawan tim medis Jepang. Empat orang tersebut rencananya akan dievakuasi bersama 23 WNI lainnya ke Indonesia.

"Ya dalam perawatan. Meskipun positif kan dalam perawatan Jepang," katanya di Komplek Istana Kepresidenan,  Jakarta, Rabu, (20/2/2020).

Terawan mengatakan bahwa pemerintah masih menyiapkan proses evakuasi tersebut. Persiapan harus dilakukan rinci dan komprehensif karena menyangkut kebijakan negara lain.

Baca: Wuih, Yamaha Kini Punya Bengkel Terbesar di Indonesia Berlokasi di Cibinong Seluas 2.800 M2

Baca: Wisnhutama Ungkap Virus Corona Buat Menteri Jokowi Kompak, Najwa Shihab: Ada yang Enggak Kompak?

"Yang jelas mau dievakuasi. Caranya harus dibahas dengan detil. Menyangkut perizinan, menyangkut apa," katanya.

Menurut Menkes belum ada satupun WNI di Kapal Diamond Princess yang dievakuasi  ke Indonesia. Saat ini pemerintah masih mempersiapkan proses tersebut.

"Tunggu aja sebentar. Kita harus mengecek semua perlengkapannya termasuk kapal kita cek, sore ini saya berangkat ngecek," pungkasnya.

Seperti diketahui, hasil Rapat Koordinasi tingkat menteri memutuskan untuk mengevakuasi 74 WNI dari kapal pesiar Diamond Princess, di perairan Yokohama, Jepang.

Pemerintah membuka dua opsi untuk skema pemulangan para WNI yang menjadi kru pada kapal tersebut.

Opsi pertama adalah penjemputan melalui jalur laut dengan menggunakan Kapal Rumah Sakit KRI Dr Soeharso. Sementara opsi kedua adalah melalui jalur udara. 

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved