Cuaca Ekstrem Akan Berlanjut Sampai Awal Maret, Ini Rincian Wilayah RI yang Potensial Terkena

Pola tekanan rendah di wilayah Belahan Bumi Selatan masih cukup aktif berpengaruh pada pembentukan potensi cuaca ekstrem di wilayah Indonesia.

Cuaca Ekstrem Akan Berlanjut Sampai Awal Maret, Ini Rincian Wilayah RI yang Potensial Terkena
WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
ILUSTRASI - Awan gelap menyelimuti kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Senin (17/11/2014). 

Laporan Reporter Kontan, SS. Kurniawan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Potensi cuaca ekstrem masih bisa terjadi di Indonesia hingga Maret mendatang. Curah hujan dengan intensitas lebat berpotensi terjadi secara kontinu disertai kilat/petir.

Berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer terkini, pola tekanan rendah di wilayah Belahan Bumi Selatan masih cukup aktif berpengaruh pada pembentukan potensi cuaca ekstrem di wilayah Indonesia.

Menurut Deputi Bidang Meteorologi BMKG R. Mulyono R. Prabowo, keberadaan badai tropis Ferdinand mulai terdeteksi pada Senin (24/2) lalu di Samudera Hindia bagian Selatan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Begitu juga dengan sirkulasi angin di wilayah Samudera Hindia Barat Daya Banten.

"Keduanya menyebabkan pembentukan pola pertemuan massa udara yang memanjang di Jawa Timur, Bali, NTB, dan NTT," kata Mulyono dalam siaran pers, Rabu (26/2/2020). 

Baca: Fadli Zon Merasa Aneh, Kenapa untuk Urusan Banjir Selalu Anies Baswedan yang Disalahkan

Belokan angin juga terpantau terbentuk di sekitar wilayah Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, serta Maluku.

Sementara labilitas udara cukup kuat di beberapa wilayah. Kondisi ini berkontribusi pada peningkatan konvektif awan skala lokal.

Baca: Pose Pertama BCL Usai Berkabung, Tampil Senyum Bareng Maia Estianty dan Rossa

Hal ini terutama di Pesisir Barat Sumatra, Aceh, Sumatra Selatan, Bangka Belitung, sebagian besar Jawa, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Baca: Pinjaman Online Lagi Disorot, Begini Metode Penagihan yang Benar Menurut Cashwagon

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memperkirakan, dalam sepekan ke depan, curah hujan dengan intensitas lebat yang terjadi secara kontinu disertai kilat/petir berpotensi terjadi di wilayah-wilayah berikut:

Halaman
12
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved