Virus Corona

Semua Media Besar Jepang Ikut Beritakan Kasus Virus Corona Pertama di Indonesia

Presiden Jokowi secara resmi mengumumkan kasus pertama virus corona yang menginfeksi dua warga Indonesia. Kabar ini diberitakan semua media Jepang.

Semua Media Besar Jepang Ikut Beritakan Kasus Virus Corona Pertama di Indonesia
NHK
Data korban virus corona di Jepang hingga Senin (2/3/2020) malam. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Presiden RI Joko Widodo secara resmi mengumumkan kasus pertama virus corona yang menginfeksi dua warga Indonesia.

Kabar ini juga diberitakan semua media besar di Jepang.

"Infeksi dikonfirmasi pada seorang wanita berusia 64 tahun dan anak perempuan berusia 31 tahun yang tinggal di Depok dekat Jakarta," tulis koran Asahi kemarin mengutip pernyataan Presiden Jokowi terkait dua warga Indonesia yang terinfeksi virus corona.

Baca: Ramalan Zodiak Hari Ini Selasa 3 Maret 2020 Pisces Hadapi Masalah, Scorpio Mujur, Virgo Bahagia

Baca: Arab Saudi Umumkan Kasus Pertama Virus Corona

Anak perempuan itu, adalah instruktur tari dan menari dengan perempuan Jepang kenalannya berusia 41 tahun di Jakarta pada tanggal 14 Februari dan mengeluh demam dan batuk pada tanggal 16 Februari.

"Ada total 48 orang di sekitar mereka, Departemen Kesehatan telah memeriksa kontak yang diduga dekat."

Hal serupa ditulis koran Mainichi dengan bagian akhir menekankan larangan terkait China.

"Karena penyebaran infeksi di negara-negara tetangga, pemerintah Indonesia telah memperkuat langkah-langkah perbatasan, seperti melarang orang asing yang telah melakukan perjalanan ke daratan China dalam 14 hari," tulis Mainichi kemarin.

Sementara televisi TBS Tokyo mengungkapkan hal serupa dengan mengambil gambar video dari sebuah TV nasional Indonesia saat Presiden Jokowi mengumumkan dua korban positif terinfeksi virus corona.

"Wanita Jepang itu dipastikan terinfeksi 27 Februari setelah kembali ke Malaysia, dan pemerintah Indonesia sedang menindaklanjuti kontak domestik," ungkap TBS TV.

Baca: Isi Percakapan Telepon WNI Positif Corona dan Ketua RT, Cerita Soal Perawatan yang Tak Mengerikan

Baca: Fadli Zon Kasihani Jokowi meski Senang Elektabilitas Prabowo Tertinggi: Kayak Enggak Puas

Indonesia, yang memiliki populasi terbesar keempat di dunia, telah mengambil sikap yang kuat pada langkah-langkah perbatasan, termasuk menolak untuk dimasuki lebih dari 100 wisatawan asing, termasuk seorang Jepang yang diduga terinfeksi.

Sementara Jepang saat ini tercatat 980 orang terinfeksi virus corona termasuk 706 korban dari kapal pesiar Diamond Princess (6 meninggal) dan dalam negeri Jepang juga 6 meninggal.

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved